Berita Apa Itu KTT Tanggap Darurat Gaza di Yordania yang Dihadiri Prabowo?

by


Jakarta, Pahami.id

Yordania menjadi fokus usai menggelar konferensi tingkat tinggi (KTT) yang membahas situasi di Semenanjung Gaza, PalestinaSelasa (11/6).

Sejumlah perwakilan dari berbagai negara termasuk Menteri Pertahanan dan Presiden Indonesia, Prabowo Subianto juga turut hadir dalam KTT tersebut.


Kunjungan Prabowo ke Yordania dalam rangka mewakili Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pertemuan tingkat tinggi ini atas undangan Yordania, Mesir, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Jadi, apa pertemuan luar biasa ini?

KTT bertajuk Seruan Aksi: Respon Kemanusiaan Mendesak untuk Gaza (Call to Action: Emergency Humanitarian Response for Gaza) berlangsung di Amman pada Selasa (11/6).

Konferensi ini diselenggarakan bersama oleh Pemerintahan Hashemite Yordania, Republik Arab Mesir, dan PBB untuk secara khusus membahas krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza akibat invasi Israel yang semakin brutal sejak 7 Oktober.

Mesir dan Yordania merupakan negara yang paling dekat dengan Palestina. Jika agresi Israel meluas, kedua negara mungkin terkena dampaknya.

“[KTT bertujuan] untuk mengidentifikasi cara meningkatkan respons komunitas internasional terhadap bencana kemanusiaan di Jalur Gaza,” demikian pernyataan Pemerintah Yordania seperti dikutip. JNS.

KTT tersebut, lanjut mereka, juga untuk mencari komitmen respon kolektif dan terkoordinasi untuk mengatasi situasi kemanusiaan di Gaza.

Kementerian Luar Negeri Yordania mengatakan konferensi tersebut akan membahas “persiapan untuk pemulihan dini, dan mencari komitmen terhadap respons kolektif dan terkoordinasi untuk mengatasi situasi kemanusiaan di Gaza”.

“Tujuan utama KTT ini adalah untuk mencapai konsensus mengenai langkah-langkah praktis untuk memenuhi kebutuhan mendesak di Gaza,” kata Kementerian Luar Negeri Yordania dalam pernyataannya seperti dikutip. bahasa Arab baru.

Konferensi ini digelar seiring invasi Israel ke Jalur Gaza yang sudah berlangsung selama delapan bulan dan semakin brutal. Hingga Rabu (12/6), lebih dari 37.100 warga Palestina, terutama anak-anak dan perempuan, tewas akibat pemboman Israel di Gaza.

Sejumlah kepala negara menghadiri pertemuan tanggap darurat Gaza di Yordania, antara lain Raja Yordania Abdullah II, Presiden Mesir Abdel Fattah El Sisi, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, perwakilan Australia, Jepang, Lebanon, Malaysia, dan Pakistan.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Wakil Sekretaris Jenderal Urusan Kemanusiaan Martin Griffiths, dan Prabowo.

Prabowo mengatakan solusi utama mengatasi konflik di Jalur Gaza adalah kemerdekaan Palestina.

“Pemerintah dan masyarakat Indonesia mendukung penuh kemerdekaan Palestina sebagai solusi nyata konflik di Gaza,” kata Prabowo dalam pertemuan puncak tersebut.

Ia juga menyoroti negara yang modern dan beradab, namun melanggar hukum humaniter internasional. Prabowo kemudian meminta semua negara untuk benar-benar menghormati hukum humaniter internasional.

Sementara itu, dalam KTT kali ini Blinken menyatakan AS akan memberikan bantuan lebih dari US$400 juta atau sekitar Rp6,5 triliun, katanya. AFP.

KTT darurat di Amman diadakan saat Israel melanjutkan serangannya terhadap Gaza. Akibat operasi mereka, lebih dari 37.000 orang di Palestina tewas, sebagian besar dari mereka adalah anak-anak dan perempuan.

(isa/rds)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);