Berita Apa Bedanya Slovakia dan Slovenia?

by


Jakarta, Pahami.id

Slowakia Dan Slovenia merupakan dua negara Eropa yang akan bertanding di fase grup Euro 2024.

Kedua negara ini sering tertukar karena memiliki nama yang sama dan berada dalam yurisdiksi Uni Eropa.

Namun Slovakia dan Slovenia memiliki sejarah dan pemerintahannya masing-masing.


Lantas, apa perbedaan kedua negara tersebut?

Slowakia

Slovakia adalah negara terkurung daratan yang terletak di Eropa tengah.

Meluncurkan InggrisSlovakia merupakan bagian dari Cekoslowakia yang kemudian merdeka pada tahun 1993.

Wilayah seluas 49.035 kilometer persegi ini juga menjadi anggota resmi Uni Eropa pada tahun 2004 dan memiliki sistem pemerintahan republik demokratis parlementer. Negara ini berbatasan langsung dengan Czechia, Austria dan Polandia.

Perdana Menteri sebagai pengelola negara mempunyai beberapa hak untuk mengambil berbagai keputusan. Sedangkan Presiden sebagai kepala negara mempunyai kekuasaan yang lebih kecil di cabang eksekutif.

Selain itu, ada beberapa hal unik tentang masyarakat Slavia yang hidup sebagai penduduk asli. Salah satunya adalah menyiramkan ember berisi air dingin kepada gadis-gadis saat Paskah tiba.

Slovenia

Slovenia merupakan negara yang terletak di kawasan Balkan dan berbatasan langsung dengan Kroasia, Italia, Austria, dan Hongaria.

Kawasan seluas 20.273 kilometer persegi ini merupakan bekas wilayah Yugoslavia. Negara ini juga hampir terkurung daratan meski memiliki garis pantai yang pendek.

Meluncurkan Negara DaringSlovenia bergabung bersama Serbia dan Kroasia untuk membentuk kekuatan bernama Yugoslavia pada tahun 1929.

Pasca kejatuhan, masyarakat Slovenia memilih memisahkan diri dan memperoleh kemerdekaan pada tahun 1991. Sejak saat itu, Slovenia berhasil menjalin hubungan internasional dengan beberapa negara Eropa.

Faktanya, Slovenia bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 2004 untuk mengembangkan jaringan ekonomi dan politik dengan negara anggota lainnya.

Meski mendapat pengaruh dari Slovakia, Slovenia memiliki beberapa tradisi berbeda. Seperti tarian, makanan, bahkan bahasa nasional yaitu bahasa Slovenia.

Selain itu, Slovenia juga secara resmi mengakui kedaulatan Palestina pada Kamis (6/6). Pemungutan suara terhadap keputusan tersebut berlangsung selama enam jam yang kacau dan intens.

Dalam urusan lain, kedua negara mempunyai posisi berbeda di FIFA.

Berdasarkan laman resmi FIFA, Slovenia berada di peringkat ke-57. Sedangkan Slovakia berada di peringkat ke-45.

Kedua negara Eropa dijadwalkan bertemu di fase grup Euro 2024 yang digelar langsung di Jerman.

(val/dna)