Berita Apa Arti Medali Loka Praja Samrakshana yang Diterima Jokowi?

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi medali kehormatan bidang keselamatan dan keamanan masyarakat ‘Loka Praja Samrakshana’ oleh Polri di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (14/10).

Medali tersebut merupakan bentuk apresiasi Polri kepada Jokowi yang dinilai berperan besar dalam pengembangan organisasi Korps Bhayangkara.

Pakar linguistik Universitas Indonesia (UI) Atin Fitriana menjelaskan, Loka Praja Samrakshana merupakan bahasa Sansekerta. Loka Praja Samrakshana, kata dia, dapat dimaknai sebagai perlindungan bagi masyarakat, bangsa, dan negara.


“Secara umum kata loka dan praja bisa merujuk pada hal yang sama, yaitu negara dan rakyat,” kata Atin.

Namun menurutnya, arti tempat hanya dimiliki oleh kata loka. Dalam hal ini loka bisa berarti negara sebagai suatu wilayah, sedangkan praja bisa berarti bangsa atau masyarakat.

Jokowi dan Presiden terpilih Prabowo Subianto menaiki mobil Rantis Maung saat menghadiri Upacara Persiapan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Senin (14/10).

Pantauan, Jokowi dan Prabowo menaiki mobil Rantis milik Maung dari gerbang Mabes Brimob. Ia terlihat didampingi Prabowo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Kapolri juga telah resmi menganugerahkan medali kehormatan dan keselamatan masyarakat ‘Loka Praja Samrakshana’ kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Medali kehormatan diserahkan Irjen Pol pada awal acara Pelantikan Siaga Keamanan.

Selain medali kebesaran, Jokowi juga resmi menjadi warga kehormatan Korps Brimob Polri.

Usai mendapat penghormatan dari pengawal kehormatan di depan pintu gerbang Mabes Brimob, Jokowi menaiki mobil pengawal Maung didampingi Prabowo menuju lokasi unjuk rasa.

Sebanyak tujuh satuan kerja menerima tanda kehormatan Nugraha Sakanti, yakni Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korbrimob Polri, Divisi Humas Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Anti Teror Polri, dan Pusdokkes Polri.

Nugraha Sakanti merupakan tanda penghormatan yang diberikan kepada satuan Polri. Penghargaan Nugraha Sakanti diberikan kepada unit yang dinilai telah memberikan kontribusi di bidang kepolisian yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

(tfq/gil)