Berita Angkatan Udara Israel Siapkan Perang Terbuka Tantang Hizbullah

by


Jakarta, Pahami.id

Panglima Angkatan Udara IsraelTomer Bar, mengatakan persiapan telah dilakukan untuk kemungkinan perang terbuka melawan kelompok milisi Hizbullah di Lebanon sudah berakhir.

Bar juga memperingatkan adanya “kejutan” jika perang dengan Hizbullah pecah.


Peringatan ini disampaikan Bar saat pertemuan dengan pejabat daerah setempat di Pangkalan Udara Ramat David. Di pangkalan militer, Hizbullah melakukan serangan drone pekan lalu.

“Angkatan Udara Israel bertanggung jawab penuh untuk melaksanakan seluruh rencana operasional,” kata Bar dalam pertemuan tersebut.

“Akan ada pukulan hebat terhadap musuh yang sudah kita kenal dan akan ada kejutan,” imbuhnya seperti diberitakan bahasa Arab baru.

Bar mengklaim sejauh ini Israel masih mempertahankan kemampuan tersebut, sehingga jika terjadi perang di utara dan dengan Iran, Israel akan memanfaatkan peluang tersebut.

Dalam beberapa pekan terakhir, Hizbullah dilanda ketegangan, setelah Israel melancarkan serangan rudal yang menyebabkan kebakaran besar di kota pelabuhan Hodeidah, Yaman.

Hizbullah mengatakan serangan Israel adalah awal dari konfrontasi baru dan berbahaya, serta merupakan tindakan sembrono.

“Ini menandakan dimulainya fase baru dan berbahaya,” kata kelompok Hizbullah mengutip Anadolu Agency, Senin (22/7).

Hizbullah menilai invasi Zionis ke Yaman didukung oleh Amerika Serikat dan merupakan kelanjutan dari invasi AS-Inggris ke Yaman.

Mereka juga menegaskan mendukung penuh rakyat Yaman dalam mempertahankan diri dan kedaulatannya.

“Dan sikap heroik dan historis terhadap Palestina, rakyatnya dan perlawanannya,” tegas mereka.

(Dna)