Berita Anggota Parlemen Israel Dukung Gugatan Afsel soal Agresi Gaza ke ICJ

by


Jakarta, Pahami.id

anggota parlemen Israel (Knesset), Ofer Cassif, secara terbuka menyatakan dukungannya terhadap gugatan tersebut Afrika Selatan terhadap negaranya terkait dugaan genosida di Semenanjung Gaza Palestina ke Mahkamah Internasional (ICJ).

Gugatan Afrika Selatan akan disidangkan untuk pertama kalinya pada 11 dan 12 Januari.


Dalam unggahannya di platform X, Cassif menilai negaranya sendiri telah melakukan pembersihan etnis bahkan genosida di Gaza.

“Tugas konstitusional saya adalah kepada rakyat Israel dan seluruh penduduknya, bukan kepada pemerintah yang anggota dan sekutunya menyerukan pembersihan etnis dan bahkan genosida,” kata Cassif seperti dikutip. Al Jazeera.

Cassif adalah anggota Knesset dari Hadash, koalisi sayap kiri Israel yang mayoritas penduduknya Arab.

Pada bulan Oktober, Cassif diskors oleh panel etika parlemen Israel setelah ia membandingkan invasi militer Perdana Menteri Benjamin Netanyahu ke Gaza dengan kejahatan militer Nazi terhadap orang-orang Yahudi di Eropa selama Perang Dunia II.

Israel telah menunjuk mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Aharon Barak untuk menghadapi gugatan Afrika Selatan di ICJ nanti.

Juru bicara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Eylon Levy, menuduh Afrika Selatan secara politik “mengizinkan dan melindungi” serangan Hamas pada 7 Oktober di negaranya.

Sementara itu, Afrika Selatan menunjuk mantan wakil menteri kehakiman Digang Moseneke untuk memimpin ICJ melawan Israel.

Dalam dokumen “klaim” setebal 84 halaman yang diserahkan ke ICJ, Afrika Selatan menganggap tindakan Israel di Gaza sebagai “genosida karena bertujuan menghancurkan sebagian besar penduduk Palestina di Gaza.”

Afrika Selatan selalu pro-Palestina. Mereka juga mendukung kemerdekaan Palestina sebagai sebuah negara

Israel telah menyerang Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober, menewaskan lebih dari 22.200 warga Palestina, kebanyakan wanita dan anak-anak, dan melukai sekitar 58.000 lainnya, menurut otoritas kesehatan setempat.

(rds)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);