Berita Aljazair Ajukan Draf DK PBB Desak Israel Setop Serang Rafah

by


Jakarta, Pahami.id

Aljazair mengusulkan rancangan resolusi atas perintah Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Israel untuk menghentikan serangan militernya RafahSemenanjung Gaza.

Duta Besar Aljazair untuk PBB Amar Bendjama pada Selasa (28/5) mengatakan rancangan tersebut bertujuan untuk “menghentikan pembunuhan di Rafah” yang belakangan ini semakin intensif dilakukan oleh pasukan Zionis.


Berdasarkan teks yang dilihat Reuters, Aljazair mengusulkan agar DK PBB memerintahkan Israel segera menghentikan serangan militer dan tindakan lainnya di Rafah. Aljazair juga meminta Dewan Keamanan PBB mendesak Negara Zionis dan kelompok Hamas Palestina untuk melaksanakan gencatan senjata dan membebaskan sandera masing-masing.

Menurut beberapa diplomat, DK PBB akan melakukan pemungutan suara terhadap rancangan proposal Aljazair dalam beberapa hari ke depan.

Sebuah resolusi baru dapat diadopsi jika didukung oleh setidaknya sembilan negara anggota DK PBB tanpa hak veto anggota tetap. Anggota tetap DK PBB antara lain Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia, dan Tiongkok.

Selama ini AS kerap menggunakan hak vetonya untuk melindungi Israel. Namun, Washington juga beberapa kali abstain sehingga memungkinkan DK PBB untuk segera mengadopsi resolusi gencatan senjata di Gaza.

Langkah Aljazair diambil setelah Israel menyerang kamp pengungsi di Rafah pada Minggu (26/5) yang menewaskan 45 warga sipil Palestina.

Israel mengklaim serangan itu menyasar wilayah Hamas. Dua pejabat senior Hamas diduga tewas dalam serangan itu.

Namun serangan udara tersebut justru menimbulkan kebakaran besar di tenda-tenda warga sipil yang dievakuasi. Banyak anak-anak, wanita dan orang tua meninggal akibat kebakaran tersebut.

Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Daniel Hagari mengatakan pihaknya “tidak menyangka” serangan itu akan menyebabkan kebakaran besar di kamp pengungsi sipil. Dia kemudian mengatakan serangan mereka tidak disengaja.

Invasi Israel ke Jalur Gaza sejauh ini telah menewaskan lebih dari 36 ribu warga Palestina. Mayoritas korbannya adalah anak-anak dan perempuan.

(isa/bac)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);