Berita Alasan Israel Tangkap Direktur RS Al Shifa di Gaza

by

Jakarta, Pahami.id

Tentara Israel kata direktur Rumah Sakit Al Shifa di Gaza, Muhammad Abu Salmiya, ditangkap dan dibawa ke Otoritas Keamanan Israel (ISA) untuk diinterogasi pada Kamis (23/11).

“Hamas mencari perlindungan di rumah sakit, beberapa di antaranya membawa sandera dari Israel,” demikian pernyataan militer Israel seperti dikutip Al Jazeera.

“Penemuan keterlibatannya dalam kegiatan teroris akan menentukan apakah dia akan ditanyai lebih lanjut oleh ISA,” tambah pernyataan itu.


Sementara itu, Hamas mengecam keras penangkapan Dokter Rumah Sakit Al Shifa Gaza, Muhammad Abu Salmiya dan staf medis rumah sakit tersebut serta meminta organisasi internasional segera membebaskan mereka.

Penangkapan Salmiya terjadi setelah Israel mengepung dan menyerang Rumah Sakit Al Shifa pekan lalu.

Tentara Israel masuk ke rumah sakit dan menginterogasi petugas medis. Tentara juga memaksa orang-orang di rumah sakit untuk mengungsi dalam waktu satu jam.

Dalam pengepungan dan penyerangan tersebut, ada penembak jitu atau penembak jitu yang menembak siapa saja yang bergerak di area medis.

Komunitas internasional mengecam keras serangan yang berpotensi melanggar hukum humaniter internasional ini.

Salmiya sementara itu memutuskan untuk tetap dirawat di rumah sakit bersama sekitar 120 pasien yang tidak dapat dipindahkan karena kondisi fisiknya. Ia mengabarkan, rumah sakit langsung ditutup begitu pasien dan tim medis keluar.

Serangan ini sendiri dilakukan karena Negara Zionis menuduh Hamas memiliki basis komando di bawah gedung rumah sakit. Area rumah sakit juga disebut memiliki terowongan bawah tanah yang digunakan Hamas untuk menyandera tahanan.

Pengepungan dan penyerangan militer Israel ke Jalur Gaza terus berlanjut, meski Hamas dan milisi Israel telah menyetujui gencatan senjata selama 4 hari.

Meski kesepakatan telah disepakati, namun waktu pelaksanaan gencatan senjata masih belum diketahui dan terancam tertunda.

(rr)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);