Berita Ahli Sebut Penumpang Japan Airlines Selamat adalah Keajaiban, Kenapa?

by

Jakarta, Pahami.id

Beberapa orang terkesima dengan proses penyelamatan penumpang Maskapai Jepang JAL516 yang terbakar usai tabrakan di landasan Bandara Haneda, Tokyo, Jepangpada Selasa (2/1).

JAL516 terbakar setelah bertabrakan dengan pesawat Penjaga Pantai Jepang tak lama setelah mendarat sekitar pukul 17.40 waktu setempat.

Seluruh penumpang dan awak JAL516 yang berjumlah 379 orang selamat setelah berhasil dievakuasi karena api terus membesar dan melahap badan pesawat Airbus A350-900.


Namun sekitar 14 penumpang mengalami luka memar atau tidak enak badan setelah mengalami kejadian tersebut.

Sementara itu, lima dari enam awak pesawat Bombardier Dash-8 milik Penjaga Pantai Jepang tewas akibat kecelakaan ini. Hanya pilot yang berhasil mengevakuasi dengan selamat meski mengalami luka parah.

Acara televisi NHK menunjukkan sebuah pesawat Japan Airlines yang baru saja mendarat dan masih bergerak dengan kecepatan tinggi di landasan. Tak lama kemudian, percikan api dan ledakan terlihat hingga menyulut api di sisi kiri pesawat.

Setelah pesawat berhenti, penumpang dan awak Japan Airlines terlihat keluar dari pesawat menggunakan perosotan darurat saat petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang semakin besar.

Video yang diambil penumpang JAL516 di dalam pesawat memperlihatkan suasana mencekam di dalam kabin pesawat.

Penumpang tampak panik dan bingung. Banyak penumpang, termasuk anak-anak, berteriak dan mempertanyakan mengapa mereka tidak bisa keluar dari pesawat ketika api terlihat membesar di sisi kiri luar pesawat.

Lampu di dalam pesawat juga tampak redup dan asap sudah masuk ke dalam kabin.

Meski situasi semakin mencekam dan tidak menentu, para penumpang tampak tetap duduk di kursinya meski panik. Mereka terlihat terus mendengarkan instruksi awak pesawat meski dalam keadaan panik.

[Gambas:Video CNN]

“Tolong keluarkan saya dari sini,” teriak seorang wanita di dalam pesawat seperti dikutip dalam video Reuters.

“Kenapa tidak dibuka saja [pintunya]” teriak anak lain.

Dalam video tersebut, seorang pramugari Japan Airlines terlihat mengimbau penumpang untuk tenang dan meminta mereka bekerja sama.

Satoshi Yamake (59), salah satu penumpang yang duduk di dekat bagian depan pesawat mengatakan, awak pesawat dengan cepat dan tenang mengarahkan penumpang ke jalur evakuasi selanjutnya dengan tertib.

Menurut pihak maskapai, evakuasi dimulai segera setelah pesawat berhenti. Semua penumpang berhasil diselamatkan dalam waktu kurang dari 20 menit.

Sementara itu, dari delapan pintu pesawat, dilaporkan hanya tiga yang bisa dibuka selama pemindahan.

Rekaman video juga menunjukkan penumpang dievakuasi dengan tenang dan tidak terlihat membawa tas apa pun.

Sejalan dengan peringatan badan keselamatan penerbangan selama ini, membawa barang dan tas saat keadaan darurat di dalam pesawat berisiko mempersulit operasi penyelamatan dan pada akhirnya memakan korban jiwa.

Sekitar 10 menit setelah penumpang dievakuasi, dilaporkan terjadi ledakan di dalam pesawat. Jika proses evakuasi tertunda, kemungkinan akan terjadi lebih banyak korban jiwa.

Netizen pun banyak yang memuji ketangkasan awak pesawat JAL516 dan sikap tertib penumpang sehingga proses penyelamatan berjalan lancar dan tepat waktu.

“Selamat kepada para penumpang. Mereka bisa tetap berada di kursinya masing-masing. Betapa disiplinnya mereka, itulah yang membuat mereka Tidak Ada korbannya, kata seorang netizen dalam unggahan video penumpang JAL516 di media sosial.

“370 orang selamat dalam evakuasi dengan badan pesawat terbakar, roda depan patah, mesin kanan tidak bisa dimatikan, pintu keluar hanya dua. Hanya penumpang yang berdisiplin tinggi dan awak pesawat terlatih yang bisa melakukannya,” kata netizen lainnya.

“Penumpang gila masih bisa duduk tenang dalam keadaan darurat seperti itu. Cobalah di dalam negeri konohapesawat domestik baru mendarat dan menyala sabuk pengaman “Masih nyala, aku berdiri disana, takut ketinggalan,” sahut netizen lainnya.

Pakar penerbangan menyebut selamatnya penumpang JAL516 merupakan keajaiban, baca di halaman selanjutnya >>>


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);