Berita 9 Komandan-Tokoh Hamas yang Tewas Dibunuh Pasukan Israel

by
Jakarta, Pahami.id

Ambisi Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu menyerang Palestina dan perburuan terhadap Hamas semakin memburuk bahkan setelah gencatan senjata disepakati.

Pembebasan puluhan sandera dan gencatan senjata yang berlangsung beberapa hari tidak menandai berakhirnya perang antara Israel dan Hamas.

“Kami terus melanjutkan sampai kami mencapai kemenangan penuh. Hilangkan Hamas, bebaskan tahanan kami dan pastikan bahwa setelah Hamas tidak akan ada ancaman terhadap Israel.” kata Netanyahu, dikutip dari Penjaga.


Netanyahu juga telah memerintahkan Mossad, badan intelijen Israel, untuk menargetkan serangan terhadap para pemimpin Hamas di mana pun mereka berada.

Sejak membalas pasukan Hamas pada 7 Oktober, Israel mengklaim berhasil membunuh beberapa komandan Hamas.

Berikut daftar komandan Hamas yang dibunuh oleh pasukan Israel.

1. Ayman Nofal

Tentara Israel berhasil membunuh panglima tertinggi Hamas, Ayman Nofal, yang sedang bertugas di kamp pengungsi Bureij, Gaza.

Tewasnya Nofal dibenarkan langsung oleh kelompok sayap bersenjata Hamas, Brigade Izz el-Deen Al-Qassam, akibat serangan udara Israel pada Selasa (17/10).

“Ayman Nofal, ‘Abu Ahmad’, anggota dewan umum militer dan komandan komandan pusat Brigade Al-Qassam, tewas,” kata Hamas, dikutip dari WION Berita.

Nofal sendiri merupakan tokoh berpengaruh di Hamas dalam pembuatan senjata dan mengarahkan roket yang ditembakkan ke Israel. Nofal juga merupakan kepala intelijen Hamas.

2. Billal Al Qedra

Salah satu komandan Hamas yang juga dibunuh IDF adalah Billal al-Qedra. Juru bicara IDF, Letnan Kolonel Peter Lerner, mengungkapkan bahwa Billal yang diduga memimpin penyerangan ke pemukiman Kibbutz atau Nirim di dekat perbatasan Israel, tewas dalam serangan Israel, dikutip dari CNN.

“Ini hanya menunjukkan bahwa kita memiliki intelijen untuk menghilangkan kepemimpinan Hamas hingga teroris yang menganiaya, menembus dan membunuh bayi di kamar tidur mereka. Jadi, operasi ini terus berlanjut,” kata Lerner.

3. Muetaz Aidilfitri

Dalam serangan baliknya ke Gaza, Israel menargetkan 250 titik serangan untuk melumpuhkan Hamas. Selain itu, Israel juga menyerang lebih dari 100 sasaran militer yang terletak di Zaytun, Khan Yunis dan sebelah barat Jabaliya.

Tujuan Israel melumpuhkan Hamas dengan menyerbu pusat komando operasional, kompleks militer, puluhan peluncur, pos peluncuran rudal anti-tank, dan pos pengamatan, dikutip dari Pos New York.

Aksi Israel ini akhirnya berhasil memecat komandan Hamas, Muetaz Eid. Intelijen IDF dan Badan Keamanan Israel (ISS) mendeteksi kehadiran Idul Fitri di distrik selatan.

4. Merad Abu Merad

IDF mengaku berhasil membunuh komandan Hamas, Merad Abu Merad, dalam serangan ke Gaza pekan lalu.

Merad tewas dalam serangan jet tempur Israel yang menargetkan markas operasional Hamas.

“Dalam serangan itu, sebuah jet tempur IDF membunuh Merad Abu Merad, yang merupakan kepala Sistem Udara Hamas di Kota Gaza dan sebagian besar bertanggung jawab mengarahkan para teroris selama pembantaian hari Sabtu,” kata IDF seperti dikutip. CNN.

Merad sendiri diketahui memimpin serangan Hamas ke Israel yang berlangsung sejak Sabtu (7/10).

Bersambung di halaman berikutnya…


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);