Berita 51 Persen Pemilih PKB Coblos Prabowo-Gibran

by


Jakarta, Pahami.id

Jajak pendapat yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indikator menunjukkan bahwa mayoritas pemilih adalah Partai Kebangkitan Nasional (PKL) pada pemilu legislatif 2024 sebenarnya memilih Prabu SubiantoGibran Rakabuming Raka masuk Pilpres 2024.

Peneliti Utama Indicator Rizka Halida mengatakan, 51,1 persen pemilih PKB di pemilu legislatif memilih Prabowo-Gibran di pemilu presiden. Hanya 38,7 persen pemilih PKB pada pemilu legislatif yang memilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada pemilu presiden.


“PKB paling tidak dukung Anies-Muhaimin. Basis PKB terbanyak 02. Jadi basis PKB banyak yang bocor,” kata Rizka dalam konferensi pers online, Rabu (21/2).

Tak jauh berbeda dengan PKB, banyak pemilih NasDem yang memilih Prabowo-Gibran di Pilpres meski tak mendapat suara mayoritas.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Ada 49,8 persen pemilih NasDem di pemilu legislatif yang memilih AMIN di pemilu presiden. Ada 41,7 persen pemilih Nasdem di pemilu legislatif yang memilih Prabowo-Gibran di pemilu presiden.

Berbeda dengan PKB dan NasDem, pemilih UKM pada pemilu legislatif kompak memilih AMIN sebagai calon presiden dan wakil presiden partainya.

Sebanyak 73,7 persen pemilih UKM pada pemilu legislatif memilih AMIN pada pemilu presiden. Hanya 21,6 persen pemilih UKM di pemilu legislatif yang memilih Prabowo-Gibran di pemilu presiden.

“Di sini kita lihat partai pendukung 01, PKB, NasDem, dan PKS, yang terkuat adalah PKS. Di sini basis UKM ada 73,7 persen yang mendukung Anies Baswedan. NasDem lumayan, 49,8 persen (pemilih) mendukung Anies,” dia menjelaskan. Dia.

Prabowo-Gibran unggul di semua segmen pemilih

Keluarnya Polling Indikator ini juga menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran unggul di semua segmen pemilih. Pasangan ini unggul dalam mengelompokkan pemilih berdasarkan usia/generasi, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan.

Dari segi pemilih berdasarkan usia, Prabowo-Gibran unggul di segmen pemilih Gen Z, Milenial, Gen X, dan lansia.

Prabowo-Gibran memiliki keunggulan besar di segmen Gen Z dengan 71 persen Gen Z memilih mereka. Sebaliknya Anies-Muhaimin 19,7 persen dan Ganjar-Mahfud 9,3 persen.

Prabowo-Gibran juga unggul pada segmen pemilih berdasarkan latar belakang pendidikan. Mereka unggul besar di segmen pemilih sekolah menengah pertama dengan persentase 63 persen.

Prabowo-Gibran juga unggul di segmen pemilih berdasarkan gender. Mereka memimpin segmen pemilih perempuan dengan persentase 59,8 persen.

Exit poll ini dilakukan pada 14 Februari dengan sampel dipilih berdasarkan metode Stratified Two-Stage Random Sampling dari 3000 TPS di setiap daerah pemilihan.

Sebanyak 2.975 (99,2%) responden diwawancarai secara tatap muka oleh pewawancara terlatih. Margin of error diperkirakan +/- 1,8% pada tingkat kepercayaan 95%.

(mab/rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);