Berita 500 Anak Sambut Paus Fransiskus di Istana: Welcome to Indonesia

by


Jakarta, Pahami.id

Lima ratus anak berpakaian adat menyambut kedatangan pemimpin Gereja Katolik sedunia itu Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan Jakarta.

Mereka berbaris mulai dari pintu gerbang Jalan Medan Merdeka Utara hingga teras depan Istana Merdeka. Anak-anak melambai ketika mereka menyambut Paus.

Selamat datang di Indonesia, kata seorang anak yang menyambut Paus di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/9).


Ada juga yang antusias menyambut kedatangan Paus Fransiskus. Salah satunya meneriakkan jargon khas pesepakbola Cristiano Ronaldo.

“Soooo!” kata seorang anak laki-laki.

Paus Fransiskus menyapa anak-anak di sepanjang jalan. Dia melambai sambil tersenyum kepada anak-anak itu.

Setibanya di beranda Istana Merdeka, Paus menggunakan kursi roda. Ia sempat menyapa anak-anak yang sudah menunggunya di depan istana.

Kemudian dia bertemu dengan Presiden Joko Widodo yang sudah menunggu sejak pagi. Mereka berjabat tangan dan bertukar senyum sebelum memasuki istana. Rapat dilanjutkan dengan proses kenegaraan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menyambut Pemimpin Vatikan Paus Fransiskus dengan membungkuk dan tersenyum saat tiba di Istana Kepresidenan Jakarta.

Jokowi tersenyum penuh dan menyapa pemimpin gereja Katolik sedunia itu. Mereka mengobrol sebentar sebelum memasuki Istana Merdeka.

Di halaman Istana Merdeka, tentara dan kelompok sudah menunggu. Mereka menggelar upacara kenegaraan dengan dihadiri Jokowi dan Paus Fransiskus.

Lagu kebangsaan Vatikan dimainkan pada awal upacara. Kemudian dilanjutkan dengan lagu Indonesia Raya. Bendera peninggalan kedua negara berkibar di Istana Merdeka.

Pertemuan dengan Jokowi tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Paus Fransiskus selama kunjungannya ke Indonesia. Ia akan tinggal sementara di Indonesia hingga 6 September.

Selain rapat kenegaraan, ia juga akan menghadiri beberapa kegiatan keagamaan. Salah satunya misa besar di Gelora Bung Karno yang akan dihadiri 80 ribu orang.

(dhf/ugo)