Berita 405 Sekolah Swasta di Jakarta Tak Akan Digratiskan

by


Jakarta, Pahami.id

Sebanyak 405 sekolah swasta di Jakarta tidak masuk dalam program ini sekolah swasta gratis yang sedang dipelajari oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta tidak menyebutkan secara rinci nama sekolah swasta yang biaya pendidikannya tidak digratiskan.


Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Budi Awaludin mengatakan, ratusan sekolah swasta tidak menerima bantuan operasional sekolah (BOS) dari pemerintah pusat karena sudah mampu secara finansial.

“Dari sekolah itu ada kelas 4-5 yang tidak mendapat dana BOS, ada sekitar 405. Jadi mandiri ya, tidak mendapat dana BOS dari pemerintah pusat. yang menerima dana BOS,” kata Budi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (5/8).

Budi mengatakan, sekolah swasta tingkat empat hingga lima seperti Yayasan Pendidikan Al-Azhar Indonesia tidak akan diikutsertakan dalam program tersebut.

Misalnya Al-Azhar, tentu kelas 4-5. Jadi kita tidak akan memasukkan yang dari swasta yang mungkin seperti itu, ujarnya.

Dia mengatakan, ada ribuan sekolah swasta di Jakarta yang akan digratiskan biaya pendidikannya oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Ada banyak, nanti kita cek datanya. Ribuan lagi. Ya sampai seribu,” kata Budi.

Budi mengatakan, jika naskah akademis terkait kajian kebijakan sekolah swasta gratis di Jakarta sudah rampung, maka Pemprov DKI akan segera menyosialisasikannya ke DPRD DKI Jakarta dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, saat ini Pemprov DKI Jakarta mencantumkan sekolah swasta yang bisa diajak kerja sama dalam kebijakan sekolah swasta gratis.

Kebijakan sekolah swasta gratis ini untuk menjamin program wajib belajar 12 tahun bagi warga Jakarta. Selain itu, juga demi keadilan sosial, agar seluruh warga Jakarta mendapat kesempatan yang sama.

Berdasarkan data dasar pendidikan (dapodik). CNNIndonesia.com Ringkasnya, jumlah sekolah di Jakarta mulai dari tingkat PAUD hingga mencapai 10.965. Rinciannya, sekolah negeri sebanyak 2.093 sekolah atau 19,57 persen dan sekolah swasta sebanyak 8.602 sekolah atau 80,43 persen.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta sedang menyusun naskah akademis tentang kebijakan sekolah swasta gratis. Kajian tersebut ditargetkan selesai pada akhir tahun ini, sehingga bisa dilaksanakan pada tahun 2025.

(lna/fra)