Berita 40 Eks Pejabat Senior Israel Desak Netanyahu Ditendang dari Kursi PM

by


Jakarta, Pahami.id

Puluhan mantan pejabat tinggi keamanan nasional Israel menandatangani surat menuntut Perdana Menteri Benyamin Netanyahu diterbitkan.

Lebih dari 40 mantan pejabat senior keamanan nasional Israel, ilmuwan terkemuka dan pemimpin bisnis mengirimkan surat kepada Presiden Israel Isaac Herzog dan Ketua Knesset Amir Ohana pada Kamis (26/1). Mereka menuntut Netanyahu dicopot dari jabatannya.

Mereka termasuk mantan kepala IDF Moshe Ya’alon dan Dan Halutz, Tamir Pardo dan Danny Yatom yang menjalankan badan intelijen Mossad. Lalu ada Nadav Argaman dan Yaakov Peri, direktur dinas keamanan internal Shin Bet.


Mantan CEO, duta besar, pejabat pemerintah dan peraih Nobel bidang kimia Aaron Ciechanover, Avram Hershko dan Dan Shechtman juga menandatangani surat tersebut.

Surat mereka mengecam koalisi yang dibentuk Netanyahu untuk membentuk pemerintahan sayap kanan. Mereka juga menyuarakan kritik terhadap upaya Netanyahu merombak sistem peradilan Israel.

Mereka menganggap perombakan sistem peradilan mengakibatkan melemahnya sistem keamanan Israel. Kelemahan ini berdampak pada serangan 7 Oktober.

Mereka berpendapat bahwa akibat kebijakan Netanyahu, Israel mengalami hari terburuk dalam sejarah.

“Kami percaya Netanyahu memikul tanggung jawab utama dalam menciptakan kondisi yang menyebabkan pembantaian brutal terhadap lebih dari 1.200 warga Israel dan lainnya, melukai lebih dari 4.500 orang dan penculikan lebih dari 230 orang, yang mana lebih dari 130 orang masih berada dalam tahanan Hamas,” ungkapnya. surat itu mengatakan itu, CNN melaporkan.

“Darah para korban ada di tangan Netanyahu,” tambah mereka

Sementara itu, jajak pendapat yang dirilis minggu ini oleh Channel 13 Israel menunjukkan Likud, partai politik Netanyahu, berada di posisi kedua jika pemilu diadakan hari ini.

Urutan pertama adalah Partai Persatuan Nasional yang dipimpin oleh mantan kepala staf IDF Benny Gantz. Dia sekarang menjadi anggota kabinet perang Netanyahu.

Pemilu berikutnya direncanakan pada tahun 2026 meskipun ada protes dan seruan untuk pemilu dini.

“Semua orang memahami bahwa Netanyahu tidak kompeten untuk memimpin Israel,” kata Haim Tomer, pensiunan kepala divisi intelijen Mossad.

Surat kepada presiden diakhiri dengan permintaan penggantian perdana menteri dan kemudian ada peringatan,

“Bangsa Israel dan sejarah Yahudi tidak akan memaafkan Anda jika Anda tidak sepenuhnya memenuhi tanggung jawab nasional Anda.”

Meskipun presiden dan ketua parlemen tidak mempunyai wewenang untuk memberhentikan perdana menteri secara sepihak, surat juga diedarkan kepada anggota Knesset yang dapat memberhentikan dan mengganti perdana menteri.

“Saya pikir orang-orang mulai melihat Israel dari luar dan bertanya pada diri mereka sendiri apa yang terjadi di negara ini,” kata Tomer.

“Apa yang terjadi dengan negara yang masyarakatnya begitu pintar, namun kini dipimpin oleh orang-orang idiot?”

(el/agustus)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);