Berita 4.500 Aparat Polisi Jaga Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia

by


Jakarta, Pahami.id

Mabes Polri mengerahkan total 4.500 personel untuk mempersiapkan dan memastikan kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September.

Karo Penmas Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pengamanan akan dilakukan melalui Operasi Tribrata Jaya yang dimulai pada 2-7 September 2024.


“Setiap rangkaian kegiatan, baik selama maupun setelah kegiatan, Polri akan mengamankan kunjungan atau kedatangan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/8).

Trunoyudo merinci, dari 4.520 anggota, 1.077 di antaranya berasal dari Mabes Polri. Sedangkan sisanya sebanyak 3.443 anggota merupakan pinjaman dari Polda Metro Jaya.

Dijelaskannya, berdasarkan informasi terkini, Paus Fransiskus diperkirakan tiba di Indonesia pada Selasa malam, 3 September 2024.

Keesokan harinya, Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

Kemudian pada Kamis, 5 September 2024, Paus Fransiskus akan menghadiri pertemuan lintas agama di Masjid Istiqlal, Jakarta, dilanjutkan pertemuan dengan penerima manfaat dari organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Katolik Indonesia (KWI).

Masih di hari yang sama, sore harinya pukul 17.00 WIB Paus akan menggelar misa di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta yang dihadiri puluhan ribu umat Katolik, jelas Trunoyudo.

Polri akan memberikan pengamanan agar seluruh aktivitas Paus di Indonesia aman dan kondusif, tegasnya.

Lebih lanjut Trunoyudo mengatakan, Operasi Tribrata Jaya 2024 tidak hanya menjamin agenda Paus, tetapi juga International Sustainability Forum (ISF) 2024 yang berlangsung pada 4-6 September 2024.

(tfq/anak-anak)