Berita 39 Anak Palestina Bebas dari Penjara Israel, Disambut Suka Cita

by

Jakarta, Pahami.id

Sebanyak 39 anak Palestina dibebaskan dari penjara Israel pada hari ketiga gencatan senjata Israel-HamasMinggu (26/11).

Puluhan anak diangkut dengan bus menuju pusat kota Ramallah Tepi Barat, Minggu malam waktu setempat. Mereka dibebaskan setelah Hamas membebaskan 17 sandera yang ditahan di Gaza.

Sebelumnya, Layanan Penjara Israel mengonfirmasi bahwa mereka telah membebaskan 39 tahanan dan tahanan dari total tujuh penjara Israel (enam di Israel dan satu di Tepi Barat), sebagai bagian dari perjanjian antara Israel dan Hamas.


Kutipan CNN, yang dirilis pada hari Minggu mencakup pria berusia 18 tahun ke bawah; dua orang berusia 15 tahun, dan satu orang, yang termuda yang dibebaskan, berusia 14 tahun.

Mereka disambut di Ramallah oleh ratusan simpatisan, beberapa mengibarkan bendera Palestina, yang lain membawa bendera Hamas.

Beberapa orang telah ditahan tanpa mengetahui tuduhan mereka: 16 dari mereka yang dibebaskan sedang menjalani hukuman, sebagian besar karena serangan terhadap warga Israel, menurut informasi yang diambil dari Layanan Penjara Israel dan Asosiasi Tahanan Palestina, sebuah organisasi non-pemerintah yang mendukung para tahanan. hak.

Sisa 23 orang yang dibebaskan ditahan dalam penahanan administratif, sebuah praktik yang banyak dikritik karena para tahanan tidak mengetahui dakwaan terhadap mereka, dan kasus mereka tidak tunduk pada proses hukum apa pun.

Sebelumnya, Israel dan Hamas menyepakati gencatan senjata selama empat hari setelah hampir 50 hari pasukan Zionis menyerang Palestina. Gencatan senjata ini akan mulai berlaku pada 24 November pukul 07.00 waktu Gaza atau pukul 12.00 WIB.

Kesepakatan tersebut mencakup penghentian pertempuran, lebih banyak bantuan kemanusiaan yang masuk ke Gaza, dan pertukaran tahanan atau sandera dari kedua belah pihak.

Terkait pertukaran tawanan ini, mereka sepakat akan membebaskan 50 sandera dari Gaza, sedangkan 150 sandera dari Israel akan dibebaskan. Pelepasan ini terjadi secara bertahap.

Ini adalah gencatan senjata pertama dalam konflik tersebut sejak pejuang Hamas melancarkan serangan di Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 240 orang.

Menanggapi serangan itu, Israel bersumpah untuk menghancurkan militan Hamas yang menguasai Gaza, mengebom daerah kantong tersebut dan melancarkan serangan darat di utara.

Akibat pemboman Israel, otoritas kesehatan Palestina menyebutkan sekitar 14.800 orang tewas dan sekitar 40 persen di antaranya adalah anak-anak.

[Gambas:Video CNN]

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);