Berita 3 Negara yang Pernah Menjajah Filipina

by

Daftar isi


Jakarta, Pahami.id

Timnas Indonesia akan bertanding melawan Filipina pada Kualifikasi Piala Dunia 2026, di Stadion Gelora Bung Karno Utama, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong pun disebut-sebut bertekad mengantarkan tim Garuda meraih kemenangan.

Laga dua negara di Asia Tenggara ini pun memicu rasa penasaran tentang sejarah Filipina.


Sebab, Negeri Laut Mutiara Orien menyimpan banyak cerita tentang masa lalunya.

Berikut negara-negara yang pernah menjajah Filipina.

1. Spanyol

Pemerintah Kolonial Spanyol memerintah Filipina selama 333 tahun.

Penjajah Spanyol yang menguasai seluruh Filipina segera mendirikan pemerintahan mereka sendiri. Seiring berjalannya waktu, aturan ini tidak dilaksanakan dengan baik.

Peluncuran dari Asosiasi Sejarah Amerika, Kolonisasi Spanyol di Filipina membawa bahasa dan sastra ke negara Asia Tenggara.

Akibatnya, bahasa Spanyol menjadi sangat erat hubungannya dengan dialek Tagalog penduduk asli Filipina.

Penyebaran agama Katolik disebabkan oleh pengaruh penjajah Spanyol selama mereka tinggal.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat menjajah Filipina setelah menandatangani Perjanjian Paris pada Desember 1898. Dalam perjanjian tersebut, pihak kolonial Spanyol sepakat menyerahkan sebagian wilayahnya, termasuk Filipina.

Peluncuran dari ruang belajar Studi Asia, kedatangan AS di Filipina tidak diterima dengan baik oleh penduduk asli. Oleh karena itu, berbagai konflik kerap terjadi antara pemberontak dan penjajah di Negeri Paman Sam.

Perang ini berlangsung pada tahun 1899 hingga Juli 1902. Hal ini membuat AS semakin berkuasa dan melakukan intervensi dalam berbagai urusan budaya dan sosial.

Hingga saat ini, beberapa peninggalan Amerika terlihat dari bentuk sistem pendidikan Filipina hingga pembangunan jalan di berbagai wilayah di Filipina.

3. Jepang

Setelah pendudukan Spanyol dan AS tak henti-hentinya menyerang masyarakat Filipina, armada kapal dan pesawat Jepang tiba di daratan negara tersebut.

Hal ini bertepatan dengan penyerangan pangkalan militer AS, Pearl Harbor di Kepulauan Hawaii. Jepang disebut sengaja mengincar Filipina karena menemukan beberapa personel militer AS masih tinggal di sana.

Kemudian terjadilah perang antara Filipina dan penjajah Jepang. Jepang yang saat itu dibantu oleh tentara Amerika pun kewalahan dan akhirnya kalah.

Menurut laporan Pusat Konstitusi dan Hak Asasi Manusia Eropa (ECCHR), perempuan Filipina sering diperkosa oleh tentara Jepang.

Tercatat lebih dari 1.000 perempuan menjadi korban perilaku brutal tentara Jepang. Bahkan, sebagian dari perempuan tersebut masih di bawah umur.

Hingga saat ini, berbagai kasus yang terjadi di Filipina masih menjadi sejarah pahit negara tersebut.

Timnas Filipina yang akan menghadapi Timnas Indonesia pada Selasa (11/6) mendatang akan menjadi ajang unjuk kebolehan di bidang sepak bola.

(val/bac)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);