Berita 3 Menteri Jokowi dari PDIP Siap Tarung di Pilkada Jatim

by


Jakarta, Pahami.id

Tiga menteri di kabinet pemerintah Joko Widodo– Ma’ruf Amin yang juga kader PDIP yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pan-RB Azwar Anas, dan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung siap bersaing di Pilkada Jawa Timur 2024.

Misalnya di antara menteri ada Puan Risma, ada Pak Abdullah Azwar Anas, ada Pak Pramono Anung. Ini yang bestseller, ada yang promosi di Jakarta, ada pula yang proposal. di Jawa Timur,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (29/6).

Tak hanya di tingkat menteri, Hasto juga mempersiapkan kadernya yang merupakan pemimpin daerah petahana untuk bersaing di Pilkada Jatim. Antara lain Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani hingga Bupati Trenggalek Nur Arifin hingga Bupati Sumenep Nur Fauzi untuk Pilgub Jatim.


Kendati demikian, hingga saat ini PDIP masih berupaya menjalin kerja sama dengan partai politik lain di Jatim seperti PKB dan Gerindra.

Menurut Hasto, hasil calon yang akan diusung ke PDIP akan diumumkan pada waktunya.

“Ini proses yang sangat dinamis. Jadi partai terus mendorong kader-kader internal partai untuk maju,” ujarnya.

Di sisi lain, Hasto memastikan PDIP akan tetap mengusung pasangan Eri Cahyadi-Armuji di Pilwalkot Surabaya 2024.

Karena PDIP nyaman bekerja sama tanpa manipulasi, maka banyak mitra yang bertahan, karena nyaman bekerja sama dengan PDIP, ujarnya.

PDIP memiliki 21 kursi di DPRD Jatim hasil pemilu 2024. Artinya, PDIP tidak bisa mengusung calon gubernur sendiri dan harus berkoalisi dengan partai lain di Pilkada Jatim.

(rzr/tidak)