Berita 20 Provinsi Thailand Terendam Banjir, Dua Gajah Mati

by


Jakarta, Pahami.id

Lebih dari 20 wilayah di Thailand masih terendam banjir akibat musim hujan yang melanda Negeri Gajah Putih yang mengakibatkan dua ekor gajah mati.

Laporan dari Pos BangkokDepartemen Pencegahan dan Mitigasi Bencana Thailand pada Minggu (6/10) melaporkan banjir masih terjadi di beberapa provinsi, antara lain Ang Thong, Ayutthaya, Buri Ram, Chaiyaphum, Chiang Mai, Chiang Rai, Kalasin.


Kemudian Lampang, Lamphun, Maha Sarakham, Nakhon Ratchasima, Nakhon Sawan, Phetchabun, Phitsanulok, Sing Buri, Sukhothai, Suphan Buri, Tak, Ubon Ratchathani, dan Udon Thani.

Menurut departemen, total 34.373 keluarga terkena dampak banjir ini.


Chiang Mai adalah salah satu kota yang paling parah terkena dampak banjir. Pada Sabtu (5/10), ketinggian air di Chiang Mai mencapai rekor 5,3 meter.

Departemen Irigasi Kerajaan juga melaporkan bahwa waduk di Bendungan Mae Nghat, bendungan terbesar di provinsi utara, telah mencapai 113 persen dari kapasitas penyimpanannya.

Situasi banjir ini membuat masyarakat khawatir karena kota Chiang Mai memiliki taman gajah alam yang terkenal yaitu Taman Alam Gajah.

Taman ini menjadi rumah bagi 126 ekor gajah, dua di antaranya mati akibat tersapu air banjir.

Thailand dilanda banjir sejak 16 Agustus. Banjir tersebut diakibatkan musim hujan yang melanda 42 provinsi.

Sebanyak 49 orang meninggal dunia akibat bencana alam ini. Sementara itu, 28 orang dilaporkan terluka.

(blq/baca)