Berita 2.500 Calon Jemaah Haji Palestina Gagal ke Mekkah Imbas Blokade Israel

by


Jakarta, Pahami.id

Ribuan warga Palestina gagal pergi ke Arab Saudi untuk memenuhinya hajikarena pembatasan perbatasan yang diberlakukan oleh pemerintah Israel.

Juru bicara Kementerian Haji dan Wakaf di Gaza, Ikrami Al-Mudallal, mengatakan ada sekitar 2.500 warga Palestina yang gagal berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.


Jamaah haji dari Gaza merupakan sepertiga dari jumlah jamaah Palestina yang dijadwalkan menunaikan ibadah haji tahun ini.

Markas Kementerian Haji di Gaza juga hancur akibat invasi Israel sehingga menyebabkan lembaga tersebut tidak mampu memfasilitasi perjalanan jamaah haji ke Mekkah.

Dilansir New Arab, Al-Mudallal menyebut larangan Israel terhadap warga Palestina meninggalkan Gaza merupakan pelanggaran kebebasan beragama.

Dia juga mengatakan bahwa invasi brutal Israel sangat mempengaruhi perencanaan ibadah haji Palestina, termasuk diskusi logistik dengan Mesir dan Arab Saudi.

Akibat situasi ini, jamaah haji Palestina yang terkena dampak penutupan perbatasan Rafah akan diberikan prioritas pemberangkatan tahun depan, karena banyak yang harus menunggu hingga 10 tahun untuk mendapatkan giliran menunaikan ibadah haji.

Sebelumnya, Raja Saudi Salman bin Abdulaziz mengumumkan akan menampung 500 jamaah dari keluarga korban tewas atau terluka di Gaza.

Arab Saudi juga akan memberikan keistimewaan kepada warga Palestina untuk menunaikan ibadah haji ketika perang berakhir.

Pada tanggal 6 Juni, Raja Salman memerintahkan Kementerian Urusan Islam Saudi untuk menampung 1.000 jamaah dari keluarga mereka yang terbunuh atau terluka di Gaza. Para jamaah haji ini dipilih dari mereka yang meninggalkan Gaza karena perang atau untuk berobat.

Selain itu, otoritas haji di Gaza juga meminta Mesir dan Arab Saudi mendesak Israel membuka perbatasan Rafah dan mengizinkan warga Gaza menunaikan ibadah haji.

(Dna)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);