Berita 137 Truk Berisi Bantuan Masuk Gaza di Hari Pertama Gencatan Senjata

by

Jakarta, Pahami.id

PBB mengatakan 137 truk yang membawa bantuan kemanusiaan telah memasuki Gaza, Palestina pada hari pertama gencatan senjata antara Israel Dan Hamas pada Jumat (24/11).

Bantuan yang disalurkan terdiri dari berbagai macam barang seperti makanan, air, dan obat-obatan. Termasuk juga bahan bakar sebanyak 129 ribu liter dan empat truk pengangkut bensin.

“Selama jeda yang sedang berlangsung, PBB dapat meningkatkan pengiriman bantuan kemanusiaan ke dalam dan seluruh wilayah Gaza,” mengutip pernyataan Kantor Koordinator Urusan Kemanusiaan PBB seperti dilansir CNN, Sabtu (25/11).


Bantuan yang diterima segera diberikan kepada ratusan ribu warga Gaza yang membutuhkan. PBB menyatakan bantuan akan terus disalurkan selama gencatan senjata masih berlangsung hingga empat hari ke depan.

“Tim kemanusiaan dari PBB dan mitranya akan terus meningkatkan operasi kemanusiaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Gaza dalam beberapa hari mendatang.”

PBB mengatakan 21 warga kritis juga telah dievakuasi untuk perawatan intensif.

Israel dan Hamas menyetujui gencatan senjata selama empat hari. Dimulai pada Jumat pagi lalu (24/11). Selama gencatan senjata, keduanya membebaskan tahanan dan sandera masing-masing.

Tahap awal, Israel membebaskan 39 warga Palestina dari 3 penjara yakni Damon, Megiddo, Ofer. Mereka dibawa ke Tepi Barat dengan bantuan dari Pemerintah Qatar dan Palang Merah Internasional.

Sedangkan Hamas membebaskan 24 sandera yang terdiri dari 13 warga Israel, 10 warga Thailand, dan 1 warga Filipina.

Dalam perjanjian gencatan senjata selama empat hari yang dimulai Jumat lalu, Hamas setuju untuk membebaskan 50 dari 239 sandera di Jalur Gaza.

Sementara itu, Israel juga setuju untuk membebaskan 150 warga Palestina dari tahanan Israel.

(CNN/BMW)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);