Berita 10 Warga Palestina Tewas Akibat Serangan Israel di Khan Younis

by


Jakarta, Pahami.id

Serangan udara Israel di dalam Khan Younis, Gaza, menghantam sebuah rumah hari ini (10/12). Akibatnya, 10 warga Palestina tewas.

Kantor berita WAFA melaporkan, selain 10 orang meninggal dunia, puluhan warga juga mengalami luka berat. Bahkan, beberapa orang juga dilaporkan hilang di bawah reruntuhan sebelah barat Khan Younis.

Khan Younis adalah salah satu tempat yang digunakan untuk menampung puluhan warga Palestina yang mengungsi akibat pertempuran di Gaza Utara. Namun kini, tempat tersebut juga terus diserang oleh tentara Israel tanpa henti.


Tentara Israel memang telah memberikan instruksi kepada warga Khan Younis untuk pindah ke kawasan al-Muwasi yang berada di dekat pantai dengan fasilitas yang minim. Tel Aviv juga mengeluarkan ‘permintaan mendesak’ bagi warga sipil di dalam dan sekitar Khan Younis untuk meninggalkan rumah mereka.

Dalam postingan di Twitter atau

“Kami mengimbau Anda untuk segera meninggalkan tempat Anda dan menuju tempat perlindungan di sebelah barat Khan Younis,” tulisnya.

Namun, tidak diketahui berapa banyak orang di Khan Younis yang mengetahui instruksi tersebut. Pasalnya, jaringan komunikasi dan minimnya ketersediaan internet di sebagian besar wilayah Gaza membuat warga kesulitan mengakses informasi secara online.

Kementerian Kesehatan Gaza menyebutkan, hingga Sabtu (9/12), sebanyak 17.487 orang tewas dalam perang yang berlangsung sejak Oktober lalu. Selain itu, 1,9 juta dari 2,4 juta penduduk Gaza juga kehilangan tempat tinggal.

Hanya 14 dari 36 rumah sakit di Jalur Gaza yang kini berfungsi sesuai kapasitasnya, menurut badan kemanusiaan PBB OCHA, dan hanya sedikit bantuan yang menjangkau mereka yang membutuhkan.

“Mereka yang selamat dari pemboman kini menghadapi risiko kematian akibat kelaparan dan penyakit,” kata Alexandra Saieh dari Save the Children.

[Gambas:Video CNN]

(tst/pta)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);