Review Realme 11, Akhirnya NFC dan Memori Besar di Kelasnya – Tekno

by

Pahami.id – Realme 11 menjadi penantang baru di kelas Rp 3 jutaan yang menawarkan fitur lengkap. Simak seperti apa tampilan handset baru Realme Indonesia pada ulasan Realme 11 berikut ini.

Resmi diperkenalkan di Indonesia, Realme 11 hadir sebagai bagian dari seri nomor seri HP Realme yang menjadi andalan merek tersebut.

Realme 11 resmi diperkenalkan ke pasar Indonesia dengan harga Rp 3.599.000. Dan tentu saja ada variasinya promosi menarik dari Realme Indonesia pada peluncurannya.


Pada harga tersebut, hanya ada satu varian memori yang dihadirkan. Yaitu RAM 8GB dengan memori internal 256GB.

Dengan harga segini, apakah HP baru Realme Indonesia ini layak dibeli? Simak review Realme 11 dari tim HiTekno.com di bawah ini.

Performa realme 11

Handset baru ini dibekali MediaTek Helio G99, chipset 4G yang memiliki performa andal. Dari bermain game hingga produktivitas tanpa batas.

Kombinasi yang bagus, Realme memadukan MediaTek Helio G99 dengan RAM 8GB. Pasalnya kapasitas RAM yang besar sangat membantu chipset ini.

Terbukti pada tes AnTuTu Benchmark menghasilkan skor 430.818 untuk AnTuTu v10. Angka tersebut cukup tinggi dibandingkan kompetitornya di kelas Rp 3 jutaan.

Periksa Realme 11 – AnTuTu v10. (HiTekno.com)

Sedangkan hasil AnTuTu Benchmark v9, Realme 11 menghasilkan nilai 372026. Nilai tinggi tersebut dihasilkan oleh chipset MediaTek Helio G99 yang kencang banget.

Dalam gaming, chipset MediaTek Helio G99 memang bisa diandalkan untuk berbagai judul populer.

Seperti Genshin Impact yang berjalan lancar dengan setting grafis yang sangat rendah. Tidak ada masalah dengan pengaturan grafis ini.

Bahkan dengan RAM yang besar, masih tersendat jika ditingkatkan ke sedang. Penurunan framerate mulai terasa saat dinaikkan ke medium.

Sedangkan untuk game Garena Undawn, Realme 11 tidak ada masalah saat bermain di setting cepat. Semuanya terasa lancar dan aman.

Sedangkan jika dinaikkan ke smooth, terjadi penurunan framerate yang cukup signifikan. Nyatanya mulai mengganggu pengalaman bermain.

Sedangkan untuk CarX, game balap ini bisa dimainkan dengan baik oleh Realme 11 di setting grafis terendahnya.

Sebagai catatan, ketiga game di atas merupakan judul kelas berat sebagai game Android. Juga memiliki grafis yang tinggi dan berat.

Untuk game kompetitif populer Realme 11 berjalan lancar tanpa kendala saat bermain Mobile Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile.

Mobile Legends lancar dengan setting grafis High-High mulus di 60 FPS. Sedangkan PUBG Mobile dalam HD-High.

Pengalaman bermain game di Realme 11 memang memuaskan jika setting grafisnya berada di level rendah untuk game berat.

Kemampuan Dynamic RAM yang mampu memperluas memori hingga 8 GB berguna untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

Namun hasil pengujian tim HiTekno.com menunjukkan bahwa peningkatan ekspansi RAM ini tidak meningkatkan performa untuk tugas berat.

Dari hasil pengujian AnTuTu Benchmark v10, ketika ekspansi RAM ditingkatkan menjadi 8 GB, nilainya turun menjadi 420 ribu dari 430 ribu.

Periksa Realme 11 - Ekspansi RAM AnTuTu v10 4GB vs 8GB.  (HiTekno.com)
Periksa Realme 11 – Ekspansi RAM AnTuTu v10 4GB vs 8GB. (HiTekno.com)

Penurunan ini terjadi karena adanya penurunan nilai memori hasil pengujian. Sedangkan peningkatannya hanya didapat pada bagian CPU yang tidak signifikan.

Penggunaan ekspansi RAM disarankan untuk menjalankan banyak aplikasi kecil. Besarnya RAM membuat aplikasi tidak bisa ditutup dengan cepat oleh sistem operasi.

Bagi yang membutuhkan performa kencang seperti gaming, aturlah ke setting terkecil. Ekspansi RAM dengan memori internal tidak akan secepat RAM aslinya.

Dari segi performa secara keseluruhan, Realme 11 cukup memadai dan bisa diandalkan di kelas Rp 3 jutaan. Produktivitas dan gaming pun tak kalah dengan kompetitor.

Kamera realme 11

Ponsel baru Realme Indonesia ini dibekali kamera utama 108 MP yang dipadukan dengan kamera B/W sebagai sensor kedalaman untuk mode potret atau bokeh.

Sekilas terdapat beberapa lingkaran pada modul kamera belakangnya, namun yang paling berguna hanya kamera utama beresolusi 108 MP.

Kamera Realma 11 memiliki telefoto 3x, namun itu hanya digital zoom yang dihasilkan dari sensor kamera utama 108 MP.

Untungnya digital zoom ini ditenagai sensor 108 MP. Jadi foto yang dihasilkan masih lebih bagus dibandingkan sensor resolusi rendah.

Ulasan Realme 11 - kamera belakang.  (HiTekno.com)
Ulasan Realme 11 – kamera belakang. (HiTekno.com)

Periksa zoom kamera belakang Realme 11 - x3.  (HiTekno.com)
Periksa zoom kamera belakang Realme 11 – x3. (HiTekno.com)

Soal gambar, kamera utama 108 MP ini bisa diandalkan. Mulai dari kondisi cahaya ideal, kualitasnya cukup baik.

Hasil foto cenderung cerah dengan kecerahan cukup, sedangkan saturasi warna cenderung tinggi dan menarik.

Seperti kebanyakan HP Realme Indonesia lainnya di kelas ini, warna kulit manusia cenderung lebih merah.

Night Mode milik Realme sudah tidak perlu diragukan lagi, hasilnya cukup bagus. Gambar yang dihasilkan relatif bersih dari noise dan terang.

Periksa Realme 11 - cahaya redup.  (HiTekno.com)
Periksa Realme 11 – cahaya redup. (HiTekno.com)

Kameranya juga memiliki mode Street bagi yang menyukai fotografi jalanan, juga potret untuk membuat latar belakang buram, mode 108 MP untuk resolusi tinggi.

Selain itu, ada fitur Pro, panorama, slo-mo, Time-lapse, dual-view, pemindai teks, tilt-shift yang tersedia di aplikasi default.

Meski kamera selfienya menggunakan sensor 16 MP, namun resolusinya cukup besar. Hasil kamera selfie ini juga cukup bagus.

Periksa Realme 11 - Kamera selfie.  (HiTekno.com)
Periksa Realme 11 – Kamera selfie. (HiTekno.com)

Kualitas warnanya cukup konsisten seperti kamera utama di bagian belakang. Cuma detailnya saja yang pasti hilang, karena resolusinya lebih rendah.

Dalam perekaman videonya mendukung resolusi 1080p dan 720p. Sayangnya tidak ada pilihan perekaman 60 FPS baik untuk kamera belakang maupun depan.

Selain itu, juga tidak tersedia opsi video stabilizer untuk memastikan hasil video tidak goyang, baik kamera depan maupun belakang.

Periksa Realme 11 - HDR.  (HiTekno.com)
Periksa Realme 11 – HDR. (HiTekno.com)

Baterai dan Pengisi Daya untuk Realme 11

Hasil pengujian charger 67 watt untuk Realme 11 cukup menakjubkan. Pengisian baterai dilakukan dengan cepat.

Dari 10 persen hingga 100 persen dihasilkan hanya dalam 40 menit. Dalam 30 menit pertama sudah terisi hingga 83 persen.

Dari 10 persen hingga 50 persen dicapai hanya dalam waktu 14 menit. Sedangkan rata-rata suhu pengisian maksimum adalah 35 derajat Celcius.

Soal penggunaan baterai, chipset MediaTek Helio G99 cukup awet. Baterai 5.000 mAh di Realme 11 masih bertahan sehari-hari.

Memainkan game Genshin Impact selama 10 menit hanya menguras baterai sekitar 4 persen. Tergolong cukup irit dengan kapasitas 5.000 mAh.

Desain dan Fitur

Terakhir, Realme Indonesia mendengarkan permintaan pengguna, yakni dengan menghadirkan NFC pada rangkaian nomor HPnya.

Sayangnya untuk gyro masih virtual, belum ada sensor lengkapnya. Namun bagi yang lain kesempurnaan sudah cukup.

Seperti sensor sidik jari responsif di bagian samping. Juga memiliki kedekatan, kompas dan accelerometer.

Konektivitas di Realme 11 juga cukup lengkap, mulai dari WIFI A/b/g/n/ac, Bluetooth 5.2, USB type-C 2.0, OTG.

Soal Audio, Realme 11 masih dibekali jack 3,5 mm. Sayangnya speaker yang tersemat masih mono di bagian bawah.

Periksa Realme 11 - Kamera belakang.  (HiTekno.com)
Periksa Realme 11 – Kamera belakang. (HiTekno.com)

Layarnya sendiri menggunakan panel Super AMOLED 90 Hz dengan tingkat kecerahan 1000 nits. Layar berukuran 6,4 inci ini memiliki resolusi 1080×2400 piksel.

Panel Super AMOLED ini terlihat sangat terang sehingga tetap jernih di bawah terik matahari. Soal warnanya juga cukup aman dan pengaturannya luas.

Desainnya cukup simpel dan minimalis, namun tetap nyaman dalam genggaman. Sedangkan modul kamera berbentuk lingkaran besar di bagian belakang kurang disukai banyak orang.

Realme Indonesia sendiri menghadirkan dua pilihan warna yaitu gold atau emas dan hitam. Dalam pengujian tim HiTekno.com adalah versi Glory Gold.

Soal warna, terlihat elegan jika dilihat dari jauh. Bukan warna yang ramai, tapi bukan emas biasa.

Berlebihan

  • Memori yang bagus
  • Pengisi daya cepat
  • NFC
  • Performanya handal di kelasnya
  • Hasil gambar kamera utamanya bisa diandalkan
  • Layar cerah dan menakjubkan

kekurangan

  • Menampilkan iklan
  • Tidak ada kamera ultra lebar
  • Speaker tunggal
  • Bukan perekaman video 60 FPS

Kesimpulan Ulasan Realme 11

Periksa Realme 11 - Paket penjualan.  (HiTekno.com)
Periksa Realme 11 – Paket penjualan. (HiTekno.com)

Realme 11 hadir sebagai pilihan menarik di kelas Rp 3 jutaan. Menawarkan kinerja yang andal dan aman untuk bermain game.

Dibandingkan seri sebelumnya, handset baru ini mendapat peningkatan di bagian pengisian cepat, memori lebih besar, NFC, dan resolusi kamera lebih tinggi.

Cocok bagi Anda yang mencari ponsel 4G di kelas Rp 3 jutaan dengan memori lapang, layar Super AMOLED, fast charger, dan hasil foto memadai.

Dengan harga Rp 3.599.000, Anda harus berkompromi dengan speaker mono, jaringan 4G, tanpa kamera ultrawide, dan perekaman video 60 fps.

Demikian hasil review Realme 11 dari HiTekno.com. Realme 11 menjadi ponsel baru yang menarik di kelas Rp 3 jutaan.

(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src=”https://connect.facebook.net/id_ID/sdk.js#xfbml=1&version=v11.0&appId=162978324367399&autoLogAppEvents=1″;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));