POCO Indonesia Janjikan RAM Besar di Semua Lini HP – Tekno

by

Pahami.id – POCO Indonesia berkomitmen menghadirkan performa ekstrem di seluruh lini ponselnya. Merek smartphone tersebut juga menjanjikan akan memberikan RAM besar di seluruh lini ponselnya.

Sekadar informasi, kapasitas RAM mempengaruhi performa meski tidak sepenuhnya. Selain itu, RAM juga memegang peranan penting pada smartphone.

Diposting oleh Andi Renreng, Associate Marketing Director POCO Indonesia. “RAM merupakan salah satu komponen yang paling menentukan performa sebuah ponsel. Semakin besar kapasitas RAM tentunya semakin baik. Di sisi lain, kapasitas RAM yang kecil bisa menghambat kinerja meski CPU di ponsel kencang. Karena itulah POCO selalu berusaha menyediakan RAM yang cukup agar performa ponselnya paling ekstrim di kelasnya.”


Namun apa sebenarnya RAM itu dan bagaimana cara kerjanya sehingga perannya begitu penting bagi smartphone? Ayo segera ke sana!

Lebih dekat dengan RAM dan cara kerjanya

Pada dasarnya RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu jenis memori yang mempunyai karakteristik cepat. Untuk memudahkan pemahaman lebih dalam mengenai RAM, ada baiknya kita memahami bagaimana data diproses pada smartphone, terutama mengenai peran RAM di dalamnya.

Begini, saat ponsel dihidupkan, aplikasi beserta data lain yang belum dijalankan/diakses ada di penyimpanan. Ketika suatu aplikasi dijalankan, aplikasi itu ditempatkan di RAM.

Dari sini terlihat bahwa RAM merupakan memori untuk menampung aplikasi dan data lain yang sedang berjalan/diakses. Ketika suatu aplikasi tidak lagi berjalan, aplikasi tersebut akan dihapus dari RAM. Itu sebabnya RAM juga sering disebut sebagai memori sementara.

Secara arsitektural, RAM ditempatkan di antara CPU (atau lebih luas lagi, chipset) dan penyimpanan untuk ‘menjembatani’ kerja kedua elemen tersebut. Artinya OS dan aplikasi serta data lain yang akan diproses oleh CPU disediakan oleh RAM dengan membaca/mengambilnya dari penyimpanan.

Dengan cara ini, CPU hanya dapat membaca/mengakses data di RAM. Ini lebih cepat dan efisien dibandingkan CPU harus membaca/mengambilnya dari penyimpanan, dimana kecepatan aksesnya jauh di bawah RAM dan isinya masih ‘tercampur’ dengan data yang tidak dimaksudkan untuk digunakan.

Jika dianalogikan, RAM adalah saku baju atau celana, sedangkan tempat penyimpanan ponsel adalah tas ransel. Akan lebih cepat mencari dan mengambil benda yang kita inginkan dari saku dibandingkan dari ransel bukan? Mudah saja seperti itu.

Pengaruh Kapasitas RAM yang Besar pada Ponsel

Spesifikasi RAM yang paling sering diperhatikan adalah kapasitasnya. Setelah memahami cara kerja RAM dan peranan RAM, apakah Anda mulai membayangkan pengaruh kapasitas RAM pada sistem smartphone? Berikut adalah beberapa hal yang paling penting.

Meningkatkan kinerja ponsel

Mengingat data yang akan diolah oleh CPU terletak di dalam RAM, maka semakin besar kapasitas RAM maka semakin banyak pula data yang tersedia untuk diproses. Jadi, kinerja ponsel menjadi lebih baik.

Sebaliknya jika RAM kecil maka data yang tidak dapat ditampung oleh RAM seperti harus mengantri sebelum siap diproses. Alhasil, ketika antrian semakin panjang, ada risiko ponsel Anda tertinggal.

Mendukung multitugas

Aplikasi yang sedang berjalan juga ditempatkan di RAM. Itu sebabnya RAM besar sangat mendukung multitasking. Ya, semakin besar kapasitas RAM, maka semakin banyak pula aplikasi yang bisa dijalankan secara bersamaan.

Mengingat sejarah

Saat sebuah aplikasi dibuka, RAM juga akan ‘mengingat’ history tersebut dan aktivitas kita di dalamnya. Dengan cara ini, aplikasi akan lebih cepat terbuka di kemudian hari, atau ketika menjalankan fungsi atau fitur milik aplikasi yang sudah kita jalankan sebelumnya. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin banyak pula yang bisa diingat.

Bermain game menjadi lebih lancar

Game membutuhkan RAM dalam jumlah besar untuk menampung dan mengoperasikannya, ketika data dari game diproses oleh CPU atau GPU.

Apalagi jika itu adalah game 3D, tentunya datanya lebih besar sehingga membutuhkan kapasitas RAM yang lebih besar agar kita bisa memainkannya dengan lancar dan sukses.

Begitulah cara kerja RAM dan perannya serta pengaruh kapasitasnya terhadap sistem smartphone.

Mengingat pentingnya peran RAM terhadap kinerja ponsel, POCO terus mendobrak batasan dalam industri ponsel dengan menghadirkan produk yang mengusung RAM berkapasitas besar di semua lini, termasuk lini low-end. Sekali lagi tentunya untuk memastikan seluruh ponsel POCO memiliki performa paling ekstrim di kelasnya,” desak Andi.

Semoga para penggemar POCO semakin sadar akan pentingnya RAM saat ingin membeli ponsel”pungkasnya.