Performa Gahar, Fitur Lengkap, Benarkah Flagship Killer? – Tekno

by

Pahami.id – POCO Indonesia mengklaim bahwa handset barunya adalah andalan terbaru mereka. Namun seberapa hebatkah POCO F6 dan apakah bisa disebut sebagai flagship killer?

Apakah ponsel andalan baru POCO Indonesia ini layak dibeli? Simak tes dan review POCO F6 berikut ini dari HiTekno.com.

Tim HiTekno.com berkesempatan menjajal POCO F6 varian RAM 12 GB dengan memori internal 512 GB warna Hijau.


Dari segi kesan pertama, desain POCO F6 kurang sesuai dengan selera kebanyakan orang. Dengan warna hijau metalik, modul kameranya berbentuk dua lingkaran besar dengan senter berbentuk cincin.

Material bodi belakang berbahan polikarbonat terasa kurang mewah setara ponsel low-end. Meski demikian POCO F6 tidak terlalu berat sehingga tetap nyaman digenggam.

Performa dan Permainan POCO F6

Ulasan POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Sebagai ponsel baru yang diklaim sebagai andalan pembunuh, POCO F6 memiliki performa yang cukup mumpuni. Berkat chipset Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3.

Performa chipset Snapdragon 8s Gen 3 cukup tinggi, bahkan mampu menyaingi Snapdragon 8 Gen 2. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji sintesa AnTuTu Benchmark.

Dalam pengujian HiTekno.com, POCO F6 menghasilkan skor AnTuTu Benchmark hingga 1,4 juta dalam pengaturan performa seimbang.

Namun ketika pengaturan performa di menu baterai diubah ke ultimate, skor AnTuTu Benchmark bisa mencapai 1,5 juta dengan mudah.

Untuk memastikan performa stabil tersebut, POCO menyediakan sistem pendingin LiquidCoolology 4.0 dengan IceLoop. POCO F6 masih terasa hangat namun tetap nyaman dalam genggaman.

Performa ini juga tercermin dalam pengalaman bermain game. Berbagai judul game dengan grafis tinggi bisa dimainkan dengan lancar menggunakan POCO F6.

Game PUBG Mobile dapat dimainkan dengan lancar dan stabil pada settingan maksimal yang ultra ekstrim. PUBG Mobile terasa mulus di grafis tertingginya.

Ulasan POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Ulasan POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Genshin Impact bisa dimainkan dengan setting tertinggi 60 FPS. Terasa stabil di atas 50 FPS di luar ruangan dan di dalam ruangan.

Sayangnya Genshin Impact terasa kurang stabil saat memutar kamera. Framedrop terasa sedikit kentara, meski pertarungan terasa mulus.

Tim HiTekno.com juga menjajal game COD Warzone yang mampu berjalan lancar di setting tertinggi. Juga game CarX Street dapat dimainkan dengan baik dan lancar.

Game baru seperti Solo Leveling Arise dan Wuthering Waves juga tidak menjadi masalah bagi POCO F6. Keduanya bisa dimainkan dengan lancar di setting grafis tertinggi.

Ulasan POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Ulasan POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Game dengan grafis tinggi bisa dimainkan dengan lancar, begitu pula dengan game kompetitif populer seperti Free Fire dan Mobile Legends.

Performa tinggi tersebut bukan hanya berkat chipset Snapdragon 8s Gen 3 saja, melainkan juga dukungan RAM 12 GB LPDDR5X yang tergolong kencang.

Juga karena menggunakan memori internal 512 GB dengan tipe UFS 4.0 yang memiliki performa dan kecepatan tinggi. Juga sistem pendingin yang menjamin suhu nyaman saat bermain game dalam waktu lama.

Fotografi dan Video

Ulasan POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Ulasan POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Kamera belakang POCO F6 hanya dibekali dua sensor, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Kombinasi sensor Sony dengan pemrosesan gambar dari Snapdragon 8S Gen 3.

Dari segi foto, kamera utama dengan sensor Sony IMX882 50 MP menghasilkan gambar dengan tone warna natural. Warna kulit yang tidak berlebihan dan tidak terlalu merah.

Untuk fokus, kamera utama POCO F6 tidak hanya cepat namun juga akurat. Chipset pemrosesan yang digunakan juga sangat membantu dalam hal fokus ini.

POCO F6 juga dibekali kamera ultra-wide dengan kualitas memadai berkat sensor 8 MP dari Sony. Namun sayangnya masih tertinggal jauh dari kualitas kamera utamanya.

Ulasan POCO F6 - contoh foto. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Review POCO F6 – Contoh Gambar Penutup Pintu – Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Untuk perekaman video, kamera utama POCO F6 sangat bisa diandalkan untuk merekam kualitas 4K 60 fps. Hasilnya bisa sangat bagus, termasuk dalam hal rentang dinamis.

Soal stabilizernya juga bisa diandalkan berkat teknologi OIS dan EIS yang menjaga stabilisasi rekaman dengan rapi.

Sedangkan kamera ultrawide ini hanya mampu merekam video 1080p 30 fps. Berbeda dengan kamera selfie 20 MP yang mampu merekam video hingga 1080p 60 fps.

POCO F6 juga dilengkapi dengan flash berbentuk cincin yang relatif besar. Hasilnya pencahayaan lebih merata.

Yang disayangkan dari kamera POCO F6 adalah tidak adanya kamera telefoto. Salah satu kamera penting jika Anda ingin mengabadikan konser.

POCO F6 hadir dengan zoom 2x hingga 10x, namun hanya cropping digital dari sensor utama. Oleh karena itu, kualitas zoom mengalami penurunan yang signifikan.

Ulasan POCO F6 - contoh foto. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Ulasan POCO F6 – contoh foto. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Ulasan POCO F6 - contoh foto. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Ulasan POCO F6 – contoh foto ultrawide. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Kualitas Layar

Ponsel POCO baru Indonesia ini menggunakan layar berukuran 6,67 inci dengan panel Flow AMOLED DotDisplay beresolusi 2.712×1220 piksel.

Hasil review POCO F6 dari HiTekno.com menemukan bahwa layar ini sangat memanjakan mata dengan visual yang tajam, jernih, dan warna yang akurat.

Layar POCO F6 juga memiliki refresh rate 120 Hz yang mampu menampilkan efek animasi halus. Pengalaman bermainnya juga lebih nyaman.

Panel AMOLED yang ditawarkan juga memiliki tingkat kecerahan yang relatif tinggi. Sehingga terlihat tetap nyaman di dalam dan di luar saat cuaca panas.

Soal warna, panel POCO F6 juga mampu menampilkan gamut DCI-P3, mendukung HDR10+. Ini juga telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland untuk keamanan dan kenyamanan mata.

Baterai dan Pengisi Daya

Ulasan POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Ulasan POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

POCO F6 dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang sudah menjadi standar perangkat saat ini. Soal daya tahan baterai, perangkat ini cukup irit.

Baterai berkapasitas 5.000 mAh sangat aman untuk digunakan sehari-hari dengan aktivitas media sosial, bermain game, dan berkomunikasi.

Dari pengujian HiTekno.com, memainkan Genshin Impact di setting tertinggi hanya 30 menit, baterai POCO F6 hanya turun hingga 15 persen.

POCO Indonesia juga memberikan paket penjualan untuk ponsel andalan pembunuh ini dengan built-in charger dengan daya yang mumpuni.

Di kotak penjualan POCO F6 tersedia kepala pengisi daya 90 watt. Kecepatannya sangat tinggi, terbukti mampu mengisi daya dari 0 hingga penuh hanya dalam waktu 35 menit.

Kesempurnaan Fitur

Ulasan POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Ulasan POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

POCO F6 juga memberikan fitur yang lengkap mulai dari sertifikasi NFC, Bluetooth 5.4, IP64 anti cipratan air, perlindungan layar Gorilla Glass Victus.

POCO F6 juga menggunakan sensor sidik jari pada layar yang sangat cepat, mendukung teknologi Dolby Vision dan motor getaran sumbu X yang sekelas dengan ponsel andalan.

Sedangkan untuk audio, handset baru ini menggunakan speaker stereo di bagian bawah dan atas serta mendukung Dolby Atmos. Sayangnya tidak ada jack audio 3,5 mm.

Konektivitas jernih mendukung jaringan 5G, menggunakan dual SIM tanpa slot microSD, WiFi a/b/g/n/ac/ax, IR blaster,

Namun ada beberapa fitur yang perlu diperhatikan seperti USB type-C yang masih 2.0 sehingga belum mendukung display out. Kemudian kualitas speaker stereonya cukup bertenaga namun kurang bass.

Rating IP64-nya juga cukup tahan terhadap cipratan air, namun tidak sampai masuk air.

Masih punya Iklan dan Bloatware?

Ya, POCO F6 masih menampilkan iklan di aplikasi bawaannya seperti Mi Video dan Keamanan. Namun, di luar aplikasi default, tidak ada iklan yang ditemukan.

Soal bloatware, POCO F6 sudah terinstal berbagai aplikasi tambahan. Namun menariknya, aplikasi tambahan ini bisa dihapus dengan mudah.

Spesifikasi POCO F6

Sistem operasi: Xiaomi HyperOS, Android 14
Chipset: Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3
CPU: Octa-core (1×3.0GHz Cortex-X4 & 4×2.8GHz Cortex-A720 & 3×2.0GHz Cortex-A520)
GPU : Adreno 735
RAM: 12GB LPDDR5X
Memori: 512 GB UFS 4.0
Kamera Belakang: 50 MP f/1.6 OIS gyro-EIS + 8 MP ultrawide
Kamera Depan: 20 MP f/2.2
Baterai: 5.000mAh
Pengisi daya: 90 watt PD3.0
USB: Tipe-C 2.0
Inframerah: Ya, IR Blaster
NFC: Ya
GPS: GALILEO, GLONASS, QZSS, BDS (B1I+B1c), GPS
Bluetooth: 5.4
SIM: SIM Nano Ganda
Seluler: GSM / HSPA / LTE / 5G
WIFI: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, pita ganda
Port 3,5 mm: tidak ada
Pembicara: stereo
Dimensi: 160,5 x 74,5 x 8 mm
Berat: 179 gram

Ulasan POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]
Ulasan POCO F6. [HiTekno.com/ Agung Pratnyawan]

Keunggulan POCO F6

  • Performa cepat dan stabil
  • Pengisi daya internal sangat kuat
  • Kamera depan dan belakang bisa 60 fps
  • Kamera belakangnya mampu menyajikan video 4K 60 fps
  • Penstabil kamera yang rapi

Kekurangan POCO F6

  • Tidak ada kamera telefoto
  • Bahan bodinya kurang mewah

Saat ulasan POCO F6 ini ditulis, tim HiTkeno.com belum mendapatkan harga resmi yang akan dipatok oleh POCO Indonesia.

POCO F6 akan sangat cocok bagi Anda yang mencari ponsel dengan performa kencang mendekati andalan, namun dengan harga lebih terjangkau.

Selain itu, mereka yang membutuhkan kamera andal untuk foto dan video sebaiknya memilih kamera ultra lebar biasa-biasa saja dan tanpa telefoto.

Kesimpulan

POCO F6 merupakan smartphone yang mengesankan dalam hal performa dan pengalaman bermain game, bahkan mampu menyamai handset andalan. Juga dengan fitur yang sangat lengkap.

Namun sayangnya masih belum cukup mencuri perhatian para pengguna ponsel mainstream. Apalagi dari segi kamera yang belum berada di level andalan.

POCO F6 cocok bagi Anda yang sedang mencari smartphone berperforma andalan dengan harga lebih terjangkau. Juga dengan kamera yang memadai dan andal.

Demikianlah hasil review POCO F6, smartphone yang sangat direkomendasikan HiTekno.com untuk pertengahan tahun 2024 ini. Jika anda berminat silahkan simak, jangan lewatkan kesempatan ini.