Jajaran Lini Chipset MediaTek Dimensity Terbaru, dari Tertinggi Hingga Terendah – Tekno

by

Pahami.id – MediaTek dengan jajaran chipset 5G terbarunya yang mengoptimalkan kinerja smartphone untuk berbagai segmen pasar, mulai dari flagship hingga mainstream.

Dengan inovasi terkini pada lini chipset Dimensity MediaTek, pengguna smartphone kini dapat menikmati pengalaman yang lebih responsif, hemat daya, dan mendukung aplikasi generatif berbasis AI.

Berikut daftar chipset produksi MediaTek Dimensity yang bisa ditemukan di berbagai smartphone saat ini.


Pilihan: Dimensi MediaTek 9300/9300+

Jika Anda mencari chipset smartphone 5G terbaik: Dimensity 9300/9300+ merupakan chipset andalan MediaTek yang menawarkan performa luar biasa dengan penghematan daya superior.

Terdapat semua inti besar, termasuk empat inti Arm Cortex-X4 berperforma tinggi, yang memberikan kekuatan pemrosesan yang kuat. Belum lagi, penambahan empat Cortex-A720 dirancang untuk mengoptimalkan performa tinggi dan menghemat daya.

Ini juga merupakan chipset mobile terbaik untuk gaming, yang dilengkapi dengan mesin grafis Arm Immortalis-G720 terbaru yang mendukung ray tracing berbasis perangkat keras, pencahayaan global tingkat konsol, dan rendering grafis bertenaga kecerdasan buatan (AI).

AI tersebut didukung oleh NPU (AI Processor) Generasi ke-7 MediaTek yang dirancang khusus untuk aplikasi AI generatif dan dapat memproses model bahasa besar (LLM) seluruhnya di perangkat.

Dimensity 9300 mendukung konektivitas canggih terkini, termasuk 5G, Wi-Fi 7, dan Bluetooth 5.4, memungkinkan komunikasi nirkabel ultra-cepat, andal, dan latensi rendah. Chip ini juga tak punya kemampuan kamera main-main yang mendukung sensor hingga 320MP dan perekaman video 8K.

Dengan serangkaian fitur dan optimalisasi yang lengkap, chip andalan MediaTek menghadirkan tingkat kinerja, penghematan daya, dan konektivitas tertinggi di smartphone andalan saat ini.

Premium: seri MediaTek Dimensity 8000

Di seri teratas, yang terbaru adalah Dimensity 8300, sedangkan Dimensity 8250 yang baru diperkenalkan berada di antara chip ini dan Dimensity 8200—ketiga smartphone premium tersebut kini bertenaga. Dimensity 8300 menawarkan sesuatu yang baru berkat arsitektur CPU Armv9, NPU yang mendukung AI Generatif, dan performa gaming yang bertenaga berkat MediaTek Adaptive Game ology 2.0 terbaru.

Chip kelas 4nm yang sangat hemat daya ini memberikan manfaat energi sepanjang penggunaan sehari-hari, termasuk pengambilan video, aplikasi perpesanan dan obrolan, serta banyak permainan.

Performa 5G bisa mencapai lebih dari 5Gbps, dan juga mendapat manfaat dari MediaTek UltraSave 3.0+. Dengan teknologi kamera dan layar tercanggih, Anda akan mendapatkan pengalaman yang mendekati smartphone andalan.

Tertinggi: seri MediaTek Dimensity 7000

Chip ini baru saja diproduksi, Dimensity 7300 menjadi pemimpin dalam seri keluarga ini, sedangkan smartphone terbaru seperti Nothing Phone 2a menggunakan Dimensity 7200 yang luar biasa.

MediaTek Dimensity 7300 adalah chipset ponsel cerdas kelas atas yang dirancang untuk menghadirkan kinerja bertenaga dan konsumsi daya rendah. Dibangun pada proses 6nm, chipset ini memiliki CPU octa-core dengan empat chipset berperforma tinggi yang berjalan hingga 2,8GHz, kemudian menambahkan kemampuan AI canggih berkat NPU khusus, sehingga mendukung fitur-fitur seperti pemrosesan kamera, pengenalan suara, dan real-time. waktu terjemahan.

Chipset ini juga mendukung kecepatan 5G hingga 3,27Gbps, dan MediaTek UltraSave 3.0+ terbaru. Selain itu juga mendukung kecepatan refresh layar hingga 144Hz untuk visual halus dan GPU Arm Mali-G615.

Sebaliknya, Dimensity 7200 menawarkan keseimbangan antara penghematan daya dan performa, dengan tumpukan CPU Armv9, termasuk dua core Cortex-A715 berperforma tinggi yang dipasangkan dengan enam core hemat daya pada CPU octa-core. Chip 4nm ini juga dilengkapi GPU, NPU, dan kecepatan koneksi nirkabel yang luar biasa.

Arus utama: seri MediaTek Dimensity 6000

Bagi pengguna yang berpindah dari 4G ke 5G, tidak perlu ragu untuk memilih seri keluarga Dimensity 6000, seperti Dimensity 6300 yang baru dirilis, atau Dimensity 6100 yang lebih terjangkau, tergantung situasi keuangan pengguna.

Dimensity 6300 menawarkan kombinasi kompetitif CPU octa-core, GPU yang benar-benar luar biasa, dan 5G ultra-cepat hingga 3,3Gbps dengan MediaTek UltraSave 3.0+, serta kapasitas untuk mendukung layar FullHD+ miliaran warna dengan penyegaran. Kecepatan hingga 120Hz.

Bahkan, saya yakin para pecinta fotografi tidak akan kecewa dengan dukungan kamera hingga 108MP dan kemampuan merekam video yang luar biasa, meski dalam kondisi minim cahaya.