Dari Ahlinya, Ini Tips Food Photography dengan Samsung Galaxy A35 5G – Tekno

by

Pahami.id – Fotografi makanan kini menjadi tren populer di kalangan anak muda untuk konten media sosial. Sebelum menyantap makanan, mereka kerap merekamnya menggunakan smartphone.

Alasannya cukup sederhana, mereka ingin membagikan konten estetis yang menarik perhatian di media sosial, baik melalui warna yang menarik, penataan yang rapi, maupun dekorasi yang menarik.

Namun, seringkali estetika konten berkurang karena sudut yang tidak tepat, pencahayaan yang tidak memadai, penataan makanan yang tidak tepat, atau kualitas kamera yang buruk.


Fotografi makanan harus menonjolkan detail makanan untuk memperlihatkan bentuk, tekstur, dan warnanya sehingga menggugah selera. Dengan Galaxy A35 5G, otomatis hasil fotografi makanan Anda bisa disukai. Selain performa kamera utama 50MP yang membuat gambar jernih, ada juga fitur seperti saran pengambilan gambar untuk menghasilkan foto dengan komposisi sempurna, Pro Mode, Remaster, dan Object/Reflection Eraser. Galaxy A35 5G bisa Anda andalkan untuk menghasilkan konten fotografi makanan keren setiap harinya, dan tentunya menggugah selera.,” kata Ricky Bunardi, Manajer Senior Pemasaran Produk MX, Samsung Electronics Indonesia.

Fotografer Makanan Profesional, Marisa Djemat mengatakan, salah satu tantangan fotografi makanan adalah menghasilkan foto yang terlihat menggoda dengan cita rasa makanan. “Dengan pencahayaan yang tepat, komposisi menarik, gaya kekinian, dan tentunya perangkat pendukungnya, Anda bisa mendapatkan foto makanan yang estetis dan bagus. Galaxy A35 5G menjadi pilihan perangkat yang andal untuk konten fotografi makanan yang eye-catching.”

Lalu bagaimana cara menghasilkan food photography yang otomatis banyak disukai? Marisa Djemat, Professional Food Photographer, berbagi lima tips estetika fotografi makanan dengan Samsung Galaxy A35 5G.

Pencahayaan yang tepat

Pencahayaan yang baik akan menonjolkan tekstur dan keseimbangan warna makanan. Coba gunakan pencahayaan alami seperti cahaya dari jendela dan lampu samping untuk menonjolkan bayangan dan titik cahaya pada tekstur makanan.

Dalam kondisi minim cahaya, kamera pada Samsung Galaxy A35 5G dipercaya bisa menghasilkan foto yang tajam dan jernih. Smartphone ini memiliki kamera utama 50MP dengan Optical Image Stabilization, kamera ultra lebar 8MP, dan kamera Makro 5MP.

Sistem nightography memiliki multi-readout 4x yang mampu mengurangi noise saat memotret dalam gelap untuk memaksimalkan konten.

Pencahayaan sangat penting. Tanpa cahaya yang cukup dan sesuai, foto makanan akan terlihat hambar dan tidak berasa. Namun, ketika pencahayaan yang tersedia minim, saat itulah Anda membutuhkan perangkat yang mampu mengoptimalkan kondisi yang ada untuk menciptakan foto makanan yang menggiurkan.“ucap Marissa.

Menata Hidangan Anda

Coba pikirkan konsep foto yang ingin ditampilkan dan luangkan waktu untuk melakukan penataan. Misalnya saja untuk menu Korea, Anda bisa menggunakan alat peraga seperti sumpit dan sendok stainless steel di samping makanan untuk mendapatkan gambaran yang lebih dramatis dan menggoda. Jangan lupa, letakkan piring Anda dengan proporsi yang tepat.

Anda dapat mengaktifkan grid pada kamera Samsung Galaxy A35 5G dan fitur Shot Suggestion, sebuah fitur cerdas berbasis machine learning untuk menghasilkan foto dengan komposisi paling ideal.

Memikirkan dan menerapkan penataan gaya makanan sebelum memotret akan menghasilkan foto makanan yang lebih estetis. Selalu letakkan makanan dengan latar belakang yang tidak bertabrakan dan pada posisi tengah dalam bingkai karena merupakan bintangnya,” tambah Marisa.

Mainkan dengan Warna, Tekstur, dan Kedalaman

Anda bisa bermain-main dengan warna dan tekstur makanan untuk memberikan kontras visual yang menarik. Misalnya tata topokki yang cenderung berwarna oranye dan merah dengan tekstur kuah dengan lauk mandu goreng yang memiliki warna krem ​​​​dan tekstur renyah.

Selanjutnya, gunakan depth of field untuk menciptakan sensasi kedalaman dan dimensi pada foto. Anda dapat menggunakan Portrait Mode pada kamera Samsung Galaxy A35 5G untuk menampilkan kedalaman melalui efek bokeh yang menakjubkan. Smartphone ini bahkan memiliki Potret bertenaga AI yang mampu menghadirkan efek bokeh luar biasa dalam kondisi minim cahaya.

Keberanian bermain warna, tekstur, dan kedalaman akan menciptakan visualisasi yang sangat menarik, ceria namun estetis. Dengan efek kedalaman, Anda dapat menampilkan detail paling menarik dari makanan Anda. Cobalah bereksperimen dengan fitur Potret untuk hasil terbaik Anda“ucap Marissa.

Ekspresikan Kreativitas Anda dan Berani Mencoba Sudut Berbeda

Ada banyak cara untuk menghadirkan foto yang menarik dengan mengambil angle yang disesuaikan dengan jenis makanan yang Anda pilih. Misalnya untuk makanan berkuah yang disajikan dalam mangkuk seperti ramyeon, sudut yang tepat adalah mengambilnya dari atas makanan atau High Angle View (90 derajat).

Sudut ini dapat meluas lebih jauh ke dalam makanan yang disajikan, sehingga visual keseluruhan makanan dapat terekam kamera.

Contoh lainnya adalah kimbap yang memiliki komposisi warna menarik. Anda dapat mengambil gambar dengan sudut yang biasa digunakan dalam fotografi makanan komersial, yaitu sudut 45 derajat untuk tampilan kimbap yang lebih jelas dan menarik.

Yang pasti, hindari memotret hidangan dari depan atau angle dari bawah karena foto makanan Anda akan kurang menarik karena tekstur makanannya tidak menonjol. Visualisasikan kamera smartphone sebagai POV mata Anda yang akan menangkap menu makanan yang Anda inginkan,” saran Marisa.

Saatnya mengedit foto Anda

Jika Anda sudah selesai mengambil konten dan dirasa hasilnya masih kurang maksimal, Samsung Galaxy A35 5G memiliki tools editing yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto, seperti Photo Remaster dan Object Eraser. Saat Anda menggunakan Photo Remaster, fitur ini secara otomatis akan meningkatkan kualitas kecerahan, kontras, dan saturasi foto, sehingga foto Anda menjadi lebih bagus dan menarik.

Anda dapat menggunakan fitur Object Eraser untuk menghapus objek-objek yang tidak diinginkan pada foto, seperti bocornya objek yang tidak kita inginkan, bayangan atau pantulan yang membuat foto kurang estetis.

Alat pengeditan di Galaxy A35 5G mampu meningkatkan kualitas foto makanan Anda tanpa usaha apa pun. Cukup beberapa klik untuk meningkatkan kecerahan dan kontras untuk menonjolkan variasi warna, highlight dan bayangan serta meningkatkan intensitas warna, sehingga foto Anda akan lebih menggugah selera.“ucap Marissa.

Pengalaman fotografi makanan yang luar biasa juga bisa Anda dapatkan dengan Samsung Galaxy A35 5G yang tersedia mulai Rp 4.999.000 dalam pilihan warna Awesome Lilac, Awesome Iceblue, dan Awesome Navy.

Menikmati promosi khusus pembelian hingga 6 Juni 2024 berupa gratis upgrade penyimpanan, bonus kuota Axis 125GB selama 6 bulan, serta voucher GrabFood senilai Rp 100.000. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan Samsung Galaxy A35 5G.