Menebak Korban Kedatangan Jay Idzes di Timnas Indonesia, Siapa Bek yang akan Dicoret Shin Tae-yong? – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pemain generasi Jay Idzes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai diambil sumpahnya di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta, Cawang, Kamis (28/12/2023) pagi. Siapa bek Timnas Indonesia yang akan tersingkir setelah kehadirannya?

Pemain klub Serie B, Venice, menjadi tambahan berharga bagi timnas Indonesia, khususnya untuk lini pertahanan tim besutan Shin Tae-yong.

Namun kehadiran Jay Idzes membuat posisi tersebut kini dipenuhi banyak talenta berbakat baik turun temurun maupun lokal.

Selain bek berusia 23 tahun tersebut, Timnas Indonesia sudah memiliki pertahanan tangguh pada diri Rizky Ridho, Elkan Baggott, Jordi Amat, dan yang terbaru Justin Hubner.

Dalam turnamen tersebut, terlihat jelas bahwa Shin Tae-yong tidak mungkin bisa merebut semuanya. Alhasil, sejumlah pemain tentu rela kehilangan tempatnya jika performanya dinilai tak sesuai ekspektasi pelatih.

Pesepakbola timnas Indonesia Rizky Ridho melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang timnas Brunei pada laga pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023). [ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt]

Melihat kembali keputusan Shin Tae-yong usai Jordi Amat resmi dinaturalisasi awal tahun ini, bek yang harus kehilangan tempatnya adalah Fachruddin Aryanto.

Sebelum kedatangan Jordi Amat, Fachruddin juga merupakan kapten Timnas Indonesia. Namun mengingat usianya yang sudah tidak muda lagi yakni 34 tahun, posisinya di skuad akhirnya tersingkir.

Situasi serupa bukan tidak mungkin terjadi pada Rizky Ridho. Ridho saat ini menjadi satu-satunya bek lokal yang hampir selalu menjadi andalan Shin Tae-yong.

Bukan tidak mungkin perubahan komposisi barisan belakang dengan kehadiran Jay Idzes akan menggerogoti posisi pertahanan Persija Jakarta.

Namun khusus Piala Asia 2023, posisi Rizky Ridho diyakini tetap aman seiring ditutupnya batas waktu pendaftaran nama pemain pada 10 Desember.

Shin Tae-yong juga sudah memanggil 10 bek, empat diantaranya bek tengah, yakni Justin Hubner, Rizky Ridho, Elkan Baggott, dan Jordi Amat.

Piala Asia 2023 berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2023. Skuad Garuda tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.