Jaga Momentum, PSSI Harap Timnas Indonesia Punya Stok Pemain di Lintas Kelompok Umur – Berita Hiburan

by

Pahami.id – General Manager PSSI, Erick Thohir, menyuarakan harapan agar Timnas Indonesia memiliki stok pemain yang cukup dan mencukupi dari berbagai level usia.

Hal ini dinilai sangat penting demi menjaga momentum generasi emas sepak bola Indonesia.

Tadi saya hitung juga dengan Waketum, Coach Indra dan Exco, minimal di U-17 jumlahnya lima kali sebelas, minimal 55 pemain, kata Erick Thohir, dikutip dari Antara.

Sedangkan di U-20 harus empat kali sebelas, jadi maksimal 44, begitu juga di grup senior harus 33 pemain.

Hal itu diungkapkan Erick usai laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (8/9) sore.

Ketua PSSI Erick Thohir (tengah) berjabat tangan dengan pemain senior skuad Indonesia jelang laga melawan Turkmenistan dalam laga FIFA Match Day di Hotel Vasa Surabaya, Jumat (8/9/2023) sore. (ANTARA/Dhemas Reviyanto)

Meski demikian, pria yang juga pernah menjabat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini mengaku, hal tersebut tidak mudah. Oleh karena itu, lanjutnya, saat ini kita harus memaksimalkan pembinaan terhadap B-22 dan B-23.

“Untuk saat ini momentum sebaran pemain U-22 dan U-23 yang juga merupakan generasi emas Indonesia perlu dimaksimalkan agar kita tidak kecewa,” ujarnya.

Menurutnya, banyak juga di negara lain yang pembangunan pemudanya gagal dan akhirnya tidak mendapatkan hasil yang maksimal.

“Kalau begitu, kita harus menunggu 10 tahun lagi, agar momentumnya bagus untuk saat ini, jangan disia-siakan,” ujarnya.

Selain itu, ia juga bersyukur atas kemenangan yang diraih tim senior Garuda melawan Turkmenistan karena mampu mengubah posisi peringkat di FIFA.