3 Negara Peserta Piala Asia 2023 yang Bisa Menjadi Pelabuhan Baru Shin Tae-yong – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku mendapat beberapa tawaran dari negara lain saat membimbing timnya bermain di Piala Asia 2023.

Sebagai informasi, kontrak Shin Tae-yong bersama PSSI masih berlaku hingga Juni 2024. Jika kontraknya tak diperpanjang, pelatih asal Korea Selatan itu bisa mencari pelabuhan baru usai berpisah dengan Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong pun mengaku menerima beberapa tawaran untuk memimpin beberapa negara lain. Hal itu diungkapkannya saat sesi wawancara dengan media asal Korea Selatan.

Saya menerima tawaran itu sekitar seminggu lalu. Saya tidak bisa memimpin tim lain di Asia Tenggara, kata Shin Tae-yong seperti dikutip Sports Kyunghyang, Selasa (30/1/2024).

“Ada pembicaraan tentang perpanjangan kontrak dan saya bisa membayar dendanya lalu pergi ke tempat lain. Namun, untuk saat ini saya akan memenuhi janji saya untuk menangani Timnas Indonesia hingga Juni 2024,” lanjutnya.

Berikut Pahami.id hadirkan beberapa negara peserta Piala Asia 2023 yang bisa menjadi pelabuhan baru Shin Tae-yong setelah masa baktinya di Timnas Indonesia berakhir.

1. Korea Selatan

Korea Selatan menjadi pelabuhan panggilan terbaik bagi Shin Tae-yong setelah kontraknya dengan Timnas Indonesia habis. Sebelumnya menjabat pada tahun 2017 hingga 2018.

Saat ditunjuk menjadi asisten pada 2014-2017, ia punya catatan bagus saat membawa timnya melaju ke final Piala Asia 2015 untuk pertama kalinya dalam 27 tahun.

Masalahnya, saat ini Korea Selatan masih dilatih oleh juru taktik asal Jerman, Jurgen Klinsmann. Shin Tae-yong tentunya harus menunggu keputusan KFA untuk mengisi posisi tersebut.

2. Yordania

Berikutnya, Shin Tae-yong juga bisa memilih negara seperti Yordania jika ingin mencari tantangan baru di kancah Asia Barat. Ini akan menjadi pengalaman baru bagi Shin Tae-yong.

Di Piala Asia 2023, Jordan memang tampil cukup luar biasa. Meski hanya lolos melalui jalur terbaik ketiga, mereka mampu mengalahkan Irak dengan skor 3-2 di babak 16 besar.

Irak menjadi lawan yang dua kali mengalahkan Shin Tae-yong, yakni di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan fase grup Piala Asia 2023.

3. Australia

Selanjutnya, negara lain yang patut dipertimbangkan pelatih asal Korea Selatan itu untuk melanjutkan karirnya di dunia strategi adalah Australia. Tim ini menyingkirkan Indonesia di babak 16 besar.

Sekadar informasi, Shin Tae-yong punya hubungan sejarah dengan Negeri Kanguru. Sebab, ia memulai karir kepelatihannya di Australia, tepatnya saat menjadi asisten pelatih Queensland Roar.

Klub ini juga menjadi tempat terakhir Shin Tae-yong bermain sebelum akhirnya melenceng ke dunia strategi.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie