Berita Yaman Tunjuk Ahmed Awad bin Mubarak Jadi Perdana Menteri Baru

by


Jakarta, Pahami.id

Dewan Pimpinan Presiden Yaman menunjuk menteri luar negerinya Ahmed Awad bin Mubarak sebagai perdana menteri baru negara itu pada Senin (5/2) waktu setempat.

Kantor berita resmi SABA melaporkan bahwa keputusan dewan tersebut menetapkan bahwa anggota pemerintah akan terus menjalankan tugasnya seperti biasa.

Keputusan untuk menunjuk perdana menteri baru berlaku mulai Senin, kata SABA.


Perdana Menteri Maeen Abdulmalik Saeed yang akan mengakhiri masa jabatannya akan mengambil peran sebagai penasihat Ketua Dewan Pimpinan Presiden, kata kantor Kabinet Yaman dalam sebuah catatan di X.

Bin Mubarak menggantikan Maeen Abdulmalik Saeed pada saat ketegangan meningkat di Yaman menyusul beberapa serangan di Laut Merah oleh pemberontak Houthi yang memicu serangan balik dari Amerika Serikat dan Inggris.

Bin Mubarak, mantan duta besar Yaman untuk AS, secara luas dipandang sebagai musuh setia pemberontak Houthi, yang menculiknya pada tahun 2015 dan menahannya selama beberapa hari.

Dia sebelumnya menjabat sebagai kepala staf kantor kepresidenan Yaman dan juga ditunjuk sebagai utusan negara tersebut untuk PBB pada tahun 2018.

Mohammed Al-Basha, seorang pakar Yaman untuk kelompok penelitian Navanti yang berbasis di AS, mengatakan bin Mubarak dipandang sebagai salah satu “arsitek koalisi pimpinan Saudi” yang melakukan intervensi terhadap Houthi pada tahun 2015 untuk mendukung pemerintah yang diakui secara internasional. setahun setelah pemberontak merebut kekuasaan ibu kota Sanaa.

“Houthi kemungkinan besar tidak akan menerima penunjukan bin Mubarak,” katanya, seraya menambahkan bahwa bin Mubarak adalah musuh lama kelompok tersebut, AFP melaporkan.

Penunjukannya “kemungkinan akan meningkatkan ketegangan antara Houthi dan pemerintah yang diakui secara internasional,” tambah pakar tersebut.

Kelompok Houthi, yang merupakan bagian dari “poros perlawanan” anti-Barat dan anti-Israel yang didukung Iran, telah mengganggu pelayaran Laut Merah selama berbulan-bulan, sehingga memicu serangan balik dari AS dan Inggris.

Houthi telah melancarkan lebih dari 30 serangan terhadap kapal komersial dan kapal angkatan laut sejak 19 November, menurut Pentagon.

Para pemberontak mengatakan serangan itu merupakan bentuk solidaritas terhadap Palestina dan protes terhadap perang Israel-Hamas yang berkecamuk di Jalur Gaza sejak Oktober.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);