Berita Xi Jinping Ungkap Langkah China Genjot Pengaruh di Dunia

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Cina Xi Jinping sekali lagi mengungkap langkah strategis Beijing untuk mengendalikan hegemoni dunia.

Dipilih dari Pos Pagi Tiongkok Selatan (SCMP), Xi Jinping berjanji untuk memanfaatkan “peluang strategis” dan meningkatkan “pengaruh, daya tarik, dan kekuatan internasional” untuk membentuk pengaruh dunia yang berubah lebih cepat seiring dengan menguatnya kendali Partai Komunis Tiongkok atas urusan luar negeri.


Ia juga menekankan sikap tegas Tiongkok terhadap “penindasan” dan “hegemoni” negara-negara Barat.

Pernyataan Xi Jinping tersebut disampaikan dalam pertemuan tertutup Partai Komunis Tiongkok pada Kamis (28/12), membahas arah kebijakan luar negeri Tiongkok.

Dia juga meminta para diplomat dan kader untuk “membuat penemuan baru, meningkatkan dominasi dunia dan menjaga semangat juang.”

[Gambas:Video CNN]

Pada tahun 2018, Tiongkok mengadakan Konferensi Pusat Luar Negeri 2018 selama dua hari.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh pejabat tinggi partai seperti anggota Biro Politik, pejabat senior pemerintah dan diplomat termasuk puluhan duta besar Tiongkok.

Dalam pidatonya di konferensi tersebut, Xi Jinping menekankan bahwa Tiongkok telah menjadi kekuatan global yang “bertanggung jawab” sejak ia mengambil alih negara komunis tersebut pada tahun 2012.

Dia juga menunjukkan bahwa Tiongkok telah mengatasi “berbagai kesulitan dan tantangan” dalam upaya luar negerinya selama dekade terakhir. Namun, Xi juga memperingatkan adanya “angin kencang dan gelombang besar” di masa depan ketika dunia memasuki periode pergolakan dan transformasi baru.

Peringatannya mengacu pada konflik antara Tiongkok dan Amerika Serikat serta sekutunya terkait perbedaan ideologi dan geopolitik.

(tim/bac)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);