Berita WNI Relawan Ungkap Horor Serangan Keji Israel di RS Indonesia

by

Jakarta, Pahami.id

Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi relawan di Rumah Sakit Indonesia di Semenanjung Gaza, Palestinamengungkap kengerian serangan dan invasi brutal tentara Israel (IDF) di rumah sakit.

Relawan Mer-C Indonesia Fikri Rofiul Haq mengatakan kepada Al Jazeera tentang kengerian kebrutalan IDF sebelum dia dipindahkan ke Gaza selatan.


“Kami dievakuasi melalui jalur yang digunakan Palang Merah Internasional dengan izin tentara Israel. Ada tiga kali evakuasi pada hari Senin, Selasa, dan Rabu. Kami yang terakhir dievakuasi karena kami memprioritaskan perawatan korban luka di RS Indonesia,” dia berkata. kata Fikri seperti dikutip dari Al Jazeera.

Fikri mengatakan, tentara Israel sengaja menghancurkan rumah sakit yang didanai warga Indonesia di Gaza. Serangan brutal itu menewaskan 12 orang.

“Sebelum kami dievakuasi, serangan semakin parah dari jam ke jam,” kata Fikri.

“Saya melihatnya dengan mata kepala sendiri. Ada tiga tank sekitar 50 meter dari gedung RS Indonesia dan mereka mengebom rumah sakit tersebut secara berkala dan menimbulkan kerusakan yang sangat parah. Kini RS Indonesia sepenuhnya dikuasai tentara Israel,” imbuhnya.

Israel juga disebut sengaja menghancurkan fasilitas di rumah sakit tersebut hingga hancur sebelum gencatan senjata empat hari yang dimulai Jumat lalu.

Kementerian Kesehatan Hamas di Gaza mengatakan pada hari Jumat bahwa Israel mengebom sebuah rumah sakit Indonesia beberapa jam sebelum gencatan senjata berlaku. Serangan itu menewaskan seorang wanita dan melukai beberapa warga Gaza.

Reporter Al Jazeera Osama bin Javaid yang memiliki akses ke beberapa rumah sakit melaporkan banyak jenazah tergeletak di luar gedung, beberapa di antaranya mulai membusuk.

Direktur Mer-C Indonesia Sarbini Abdul Murad di Jakarta mengatakan, serangan Israel terhadap RS Indonesia merupakan pelanggaran serius terhadap hukum internasional. Ia juga meminta pemerintah Indonesia melakukan sesuatu untuk menghentikan serangan Israel terhadap rumah sakit yang diresmikan oleh mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Namun permintaan tersebut sulit dilaksanakan karena Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

(tim/bac)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);