Berita Warga Dapat Sembako Logo Mangkunegaran Usai Kunjungan Gibran-Bhre

by


Solo, Pahami.id

Puluhan warga Desa Harmoni, Desa Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengahmenerima paket sembako yang ada logonya Mangkunegaran.

Paket tersebut dibagikan tak lama setelah Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengunjungi kawasan tersebut bersama KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, Jumat (26/7).


Pemantauan CNNIndonesia.compuluhan orang terlihat antri di salah satu rumah warga.

Mereka menunggu giliran untuk mendapatkan hadiah berupa tas berwarna hijau dengan tulisan huruf MN di atasnya yang merupakan lambang Puro Mangkunegaran dimana Bhre memerintah sebagai Mangkunegara X.

Kantong kain tersebut berisi tiga paket berisi 1 kg beras, satu kg tepung terigu, dan satu liter minyak goreng. Di dalamnya terdapat selebaran bertuliskan Berkat Sura Mangkunegaran Je 1958 bergambar Bhre mengenakan jangkep beskap.

Saat ditanya, sejumlah warga mengaku tak menyangka akan mendapat bingkisan usai kunjungan Gibran dan Bhre. Mereka baru diberitahu setelah kedua tokoh tersebut meninggalkan desanya.

“Iya alhamdulillah saya tidak minum nasi seperti ini (apalagi saat harga nasi mahal seperti sekarang). Berasnya enak banget alhamdulillah,” kata seorang warga, Sri Handayani (41).

Ia mengenal Bhre sebagai calon Wali Kota Solo pengganti Gibran pasca Pilkada 2024. Selama ini, nama Bhre kerap terdengar dalam berbagai pemberitaan dan perbincangan warga.

“Tapi ini pertama kalinya kami bertemu langsung,” ujarnya.

Sebelumnya, Gibran dan Bhre sempat menyambangi kawasan padat penduduk tersebut untuk berjabat tangan dengan warga setempat. Selain silaturahmi dengan warga, Bhre membagikan buku catatan bergambar Puro Mangkunegaran dan susu kemasan kepada anak-anak.

Gibran membantah acara blusukan itu ada kaitannya dengan pencalonan Bhre sebagai Wali Kota Solo pada Pilkada 2024. Ia hanya mendampingi Bhe membagikan restu Suro kepada warga.

“Persaingannya masih panjang. Saya lihat Kanjeng Gusti (Bhre) hanya memberi restu pada Suro. Apa yang terjadi selanjutnya terserah beliau,” kata Gibran.

Sementara, kata Bhre, dirinya hanya membagikan buku dan susu kepada warga. Ia tak menyebutkan paket sembako saat ditanya apa saja yang dibagikan kepada warga.

“Itu dia. Ini bukunya, ada susunya juga,” ucapnya.

Bhre sendiri sudah mendapat dukungan resmi dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pimpinan Kaesang Pangarep untuk menjadi calon Wali Kota Solo. Rekomendasi PSI itu diberikan langsung Kaesang usai bermain sepak bola bersama Bhre di Stadion Sriwedari, Minggu (21/7) lalu.

Selain PSI, Ketua DPC Gerindra Kota Solo Ardianto Kuswinarno mengklaim seluruh partai di luar PDIP sepakat mendukung Bhre untuk maju kontestasi Pilwalkot Solo 2024. Kesepakatan itu disampaikan saat para pimpinan partai non-PDIP di Solo bertemu di sebuah hotel, Selasa (12/10). 23/7) sore.

“Kemarin masih ada yang tidak setuju mencalonkan Gusti Bhre. Akhirnya dalam pembahasan kita sepakat untuk mendapatkan Gusti Bhre,” kata Ardi saat dihubungi melalui telepon.

(syd/fra)