Berita Wakil PM Australia di Depan Prabowo Tegaskan Tak Dukung Papua Merdeka

by


Jakarta, Pahami.id

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Australia Anggota DPR Richard Marles menegaskan negaranya tidak mendukung gerakan separatis di Papua yang mengancam kedaulatan Indonesia.

Hal itu disampaikannya usai bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat (23/2).


“Kami Australia mengakui sepenuhnya kedaulatan wilayah Indonesia. Titik. Dan tidak ada dukungan terhadap gerakan kemerdekaan apapun,” kata Marles saat ditanya sikap Australia terhadap gerakan separatis di Papua.

Marles kembali menegaskan Australia mendukung kedaulatan wilayah Indonesia, termasuk wilayah yang menjadi bagian NKRI.

“Saya ingin menjelaskannya,” katanya.

Selain itu, Marles mengatakan Australia tertarik bekerja sama dengan Indonesia di bidang pertahanan.

Tujuannya agar Indonesia dan Australia membangun kekuatan pertahanan sehingga dapat berperan dalam menjaga keamanan kolektif di kawasan.

“Kami memiliki keamanan kolektif bersama dan itu adalah dasar bagi kami untuk bergerak maju dalam perencanaan pertahanan kami, dan kami bekerja sangat erat,” katanya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan akan ada kerja sama baru di bidang pertahanan antara Indonesia dan Australia.

Dia tidak merinci jenis kerja sama yang dimaksud. Prabowo hanya mengatakan kerja sama tersebut akan ditandatangani dalam waktu dekat.

“Dan kami berencana dalam waktu singkat untuk menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan dengan Australia yang kemungkinan besar kami harapkan dapat diselesaikan dan ditandatangani dalam waktu dua atau tiga bulan,” kata Prabowo.

(rzr/bac)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);