Berita Vladimir Putin Gunakan Hak Suara secara Online di Pilpres Rusia

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan hak memilih secara online pada hari pertama pemilihan presiden (pilpres) Rusia dari Kremlin atau kantor presiden Rusia.

Dalam video yang dipublikasikan Instagram resmi Kedutaan Besar Rusia @rusemb_indonesia, Sabtu (16/3), Putin terlihat mengenakan setelan lengkap memasuki sebuah ruangan. Dia terlihat berjalan di depan layar komputer untuk memasukkan suaranya.


“Vladimir Putin memberikan suara secara online pada pemilihan presiden Rusia,” demikian bunyi pernyataan yang dikutip dari Instagram resmi Kedutaan Besar Rusia @rusemb_indonesia.

Kedutaan Besar Rusia menjelaskan, ini merupakan pertama kalinya Pilpres Rusia berlangsung selama tiga hari mulai 15 Maret hingga 17 Maret 2024. Termasuk pemungutan suara online di hampir sepertiga wilayah Rusia.

Pemilihan presiden ini merupakan mekanisme untuk menentukan presiden yang akan memimpin Rusia enam tahun ke depan. Putin mencalonkan diri kembali pada pemilu 2024.

Meski sudah berkuasa selama 25 tahun, Presiden Vladimir Putin masih bisa kembali mencalonkan diri sebagai presiden setidaknya untuk dua periode lagi.

Amandemen konstitusi Rusia pada tahun 2020 mengenai batasan presiden akan memungkinkan Putin mencalonkan diri kembali.

[Gambas:Instagram]

Dalam pemilu kali ini, Putin akan menghadapi tiga pesaing yang juga sangat pro-Kremlin. Ketiganya adalah Leonid Slutsky, Vladislav Davakov, dan Nikolai Kharitonov.

(rzr/pmg)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);