Berita Viral Dubes Israel Kesal soal Palestina Merdeka hingga RI Sindir AS

by

Daftar isi


Jakarta, Pahami.id

duta virus Israel Untuk Bahasa inggris Tzipi Hotovely menyesal harus menjawab pertanyaan tentang kemerdekaan Palestina dan solusi dari dua kondisi.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyindir Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat membiarkan Israel melakukan pelanggaran HAM di Gaza.

Berikut beberapa berita 24 jam terakhir yang dirangkum dalam International Flash pagi ini:


Video wawancara Duta Besar Israel untuk Inggris dengan media Inggris, Tzipi Hotovely menjadi sorotan setelah sang duta besar tampil marah saat menjawab pertanyaan terkait Palestina dan solusi dua negara.

Solusi dua negara merupakan solusi konflik Israel-Palestina yang didukung oleh dunia internasional.

Solusi dua negara bertujuan untuk menyelesaikan konflik dengan memastikan bahwa Palestina dan Israel masing-masing berdiri sebagai negara yang merdeka, berdaulat, dan hidup berdampingan secara damai.

Solusi dua negara juga menjamin kota Yerusalem Timur menjadi milik Palestina.

Kelompok separatis Yaman, Dewan Transisi Selatan (STC), bahkan menyatakan siap membela Israel dari pemberontak Houthi yang mendukung Palestina.

Dilansir Middle East Monitor, hal tersebut disampaikan STC setelah Houthi mengancam akan memblokir lalu lintas kapal ke Israel dari negara mana pun, kecuali Gaza menerima makanan dan obat-obatan yang diperlukan.

Kelompok Houthi berusaha menunjukkan solidaritas mereka terhadap Palestina.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyindir Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat membiarkan Israel melakukan pelanggaran HAM di Gaza, padahal sudah sering didiktekan oleh Indonesia.

Hal itu disampaikan Retno saat menjadi bagian panel meja bundar tentang hak asasi manusia, perdamaian, dan keamanan di Markas Besar Dewan Hak Asasi Manusia PBB, Jenewa, Selasa (12/12).

“Pihak-pihak yang sering mendikte kita soal HAM kini membiarkan Israel melakukan pelanggaran HAM,” kata Retno dalam keterangan resmi, Selasa (12/12).

Retno mengatakan, semua negara tidak boleh menggunakan standar ganda dalam menegakkan hak asasi manusia. Sebab menurutnya standar ganda merupakan permasalahan terbesar dalam penerapan HAM ideal.

(tim/bac)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);