Berita Venezuela Tegas Akui Negara Palestina dan Kutuk Genosida Israel

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Luar Negeri Venezuela Yvan Gil mengecam keras tindakan militer Israel di Palestinadan menggambarkannya sebagai genosida.

Berbicara dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan pada Kamis (23/5), Gil kembali menegaskan sikap negaranya terhadap Palestina dan menekankan hubungan dan persahabatan yang kuat antara Venezuela dan Turki.

Berbicara usai pertemuan Komisi Kerja Sama Türkiye-Venezuela ke-4, Gil menyatakan bahwa negaranya mengakui Palestina.


“Venezuela dengan tegas mengakui Palestina sebagai negara merdeka dan merdeka. Kami menentang genosida yang dilakukan terhadap rakyat Palestina dan menuntut pertanggungjawaban atas kejahatan ini,” kata Gil, seperti dilansir AnatoliaJumat (24/5).

Dia menekankan dukungan lama Venezuela terhadap otonomi dan kemerdekaan Palestina. Venezuela juga menyerukan tindakan komunitas internasional untuk menjamin keadilan dan perdamaian bagi Palestina.

“Kami yakin Palestina harus diakui sebagai negara otonom,” tegas pria berusia 51 tahun itu.

Gil juga menyampaikan harapannya terhadap mobilisasi global untuk mengakhiri kekerasan di Gaza dan mencapai perdamaian bagi rakyat Palestina.

Sebelum beberapa negara Eropa seperti Norwegia, Republik Irlandia dan Spanyol menyatakan mengakui negara Palestina.

Israel terus melakukan serangan brutal di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera di wilayah berpenduduk padat tersebut.

Setidaknya 35.800 warga Palestina telah tewas, sebagian besar perempuan dan anak-anak, sementara lebih dari 80.200 lainnya terluka sejak Oktober lalu, menyusul serangan kelompok militan Palestina Hamas ke wilayah Israel.

Lebih dari tujuh bulan setelah perang Israel, sebagian besar Gaza telah hancur akibat pemboman dan blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan.

Israel dituduh melakukan genosida di ICJ, yang memerintahkan Israel untuk memastikan bahwa pasukannya tidak melakukan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk memastikan bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

(Wow)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);