Berita UU MD3 Enggak Perlu Direvisi, Sudah Perfect

by


Jakarta, Pahami.id

Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi PDIP Junimart Girsang mengevaluasi UU No. 13/2019 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3) tidak perlu diperiksa.

Tidak ada yang perlu ditinjau. UU sudah sempurna, kata Junimart di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/3).


Junimart menyatakan, UU MD3 mengatur bahwa partai politik pemenang pemilu legislatif berhak menjadi Pimpinan DPR. Menurut dia, aneh jika undang-undang menetapkan Ketua DPR bukan dari partai yang memperoleh suara terbanyak.

“Sekarang di UU MD3, kalau dulu, kecuali tahun 2014, pemenang pemilu legislatif dengan suara terbanyak adalah Ketua DPR. Bagaimana mungkin dalam UU disebutkan pemenang legislatif. pemilu tidak bisa jadi Ketua DPR? Aneh,” katanya.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Junimart mengatakan UU MD3 sekarang sudah bagus. Ia pun menolak perubahan UU MD3 saat ini. Menurut dia, hal itu hanya akan membentuk kubu di DPR.

“Kita ulangi periode 2014-2019. Ini terjadi lagi di DPR, jangan sampai terulang lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, Bamsoet mengaku ada peluang revisi UU MD3 untuk menentukan Pimpinan DPR 2024-2029. Namun, dia belum bisa memastikannya.

Bamsoet menilai peluang revisi UU MD3 tetap melihat dinamika politik ke depan, termasuk perolehan kursi DPR hasil pemilu legislatif.

Ada kemungkinan, kita lihat saja trennya, kata Bamsoet di kompleks parlemen, Jumat (8/3).

Pernyataan itu disampaikan Bamsoet sekaligus menanggapi peluang partainya, Golkar, merebut kembali posisi Ketua DPR. Perolehan suara Golkar saat ini imbang dengan PDIP di posisi teratas.

Meski begitu, dia mengaku secara pribadi menolak pembicaraan revisi UU MD3. Bamsoet khawatir peninjauan kembali hanya akan menimbulkan kekacauan pasca pemilu.

“Jangan angkat hal-hal yang membuat kita gaduh. Saya orang pertama yang tidak setuju ada desakan perubahan UU MD3,” ujarnya.

(mnf/fra)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);