Berita Unggul di Jateng versi Litbang Kompas, Kaesang Masih Sorot Jakarta

by


Jakarta, Pahami.id

Ketua PSI Kaesang Pangarep masih mempertimbangkan antara bergerak maju pemilihan gubernur jakarta atau Jawa Tengah.

Kaesang menduduki peringkat pertama hasil survei Litbang Kompas terkait Pilkada Jateng. Dikatakannya, tingginya selektabilitas di Jawa Tengah akan menjadi bahan evaluasi bagi timnya.

Meski demikian, putra Presiden Jokowi tetap fokus ke Jakarta meski elektabilitasnya di Pilgub DKI rendah.


“Jadi itu menjadi bahan evaluasi bagi tim kita, karena di Jateng kita tinggi. Tapi di sini kita agak rendah, bukan sedikit tapi sangat rendah, makanya nanti kita akan lakukan evaluasi, antara tim Jakarta dan Pusat. Tim Jawa,” kata Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (18/7).

Kaesang mengatakan Litbang Kompas merupakan salah satu lembaga survei terpercaya di Indonesia.

Ia pun bersyukur mengetahui angka tersebut cukup tinggi jelang Pilkada Jateng.

Meski begitu, Kaesang masih enggan menyebutkan peluang majunya di Jakarta atau Jawa Tengah.

“Kamu condong ke arah mana? Sabar ya tanggal 27 Agustus ya,” ucapnya.

Dalam hasil survei Litbang Kompas terbaru terkait Pilkada Jateng 2024, Kaesang menempati posisi teratas. Menyusul peringkat kedua adalah Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi.

Kaesang unggul dalam simulasi model jawaban terbuka atau top-of-the-mind dan model jawaban semi tertutup (ekstrapolasi).

Pada simulasi terbuka, Kaesang memperoleh elektabilitas sebesar 7 persen. Di peringkat kedua menyusul Luthfi dengan 6,8 persen.

Urutan pada model jawaban semi tertutup alias ekstrapolasi juga tidak berubah. Kaesang tetap unggul dengan 19,4 persen. Disusul Luthfi di peringkat kedua dengan 18,9 persen.

Dalam survei yang sama terkait Pilgub DKI, Kaesang hanya memperoleh elektabilitas 1,0 persen, tertinggal jauh dari Anies yang berada di posisi teratas dengan 29,8 persen.

(mnf/wis)