Berita Ukraina Tunjuk Syrskyi Jenderal Kelahiran Rusia Jadi Panglima Militer

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengangkat Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi sebagai Panglima yang baru Ukraina.

Penunjukan Syrskyi terjadi setelah Zelensky merombak jajaran petinggi militer Ukraina, menyusul spekulasi keretakan antara Zelensky dan komandan militer yang sebelumnya dipegang oleh Jenderal Valeriy Zeluzhnyi.

“Mulai hari ini tim manajemen baru akan mengambil alih kepemimpinan Angkatan Bersenjata Ukraina,” kata Zelensky Reuters.


Syrskyi diangkat menjadi panglima tentara Ukraina dengan pengalamannya memimpin pertahanan Kyiv pada tahun 2022 dan serangan balasan di Khrakiv pada akhir tahun 2022.

Komandan baru Ukraina, yang juga dikenal dengan julukan “macan tutul salju”, mengambil alih kepemimpinan di tengah ketidakpastian mengenai bantuan militer AS selama invasi Rusia yang sedang berlangsung.

Sebagai panglima angkatan darat, Syrskyi juga dikenal karena keberhasilannya menjaga pertahanan Ukraina di awal invasi Rusia.

Syrskyi lahir pada Juli 1965 di wilayah Vladimir, Rusia, yang saat itu masih menjadi bagian dari Uni Soviet. Dia telah tinggal di Ukraina sejak tahun 1980-an.

Ia menjabat sebagai komandan tentara Ukraina pada tahun 2019. Sebelumnya ia memimpin pasukan Ukraina melawan pasukan pemberontak dukungan Rusia di wilayah timur Donetsk dan Luhansk.

Beberapa kemenangan terbesar Ukraina dalam invasi Rusia disebabkan oleh kecerdikan Syrskyi. Ia juga dinobatkan sebagai “Pahlawan Ukraina” pada April 2022 karena berhasil mempertahankan ibu kota Kyiv pada awal invasi.

(Dna)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);