Berita Trump Ngamuk ke ABC News, Tak Terima Dibantah Moderator saat Debat

by


Jakarta, Pahami.id

calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trumpmengkritik kantor berita ABC yang diprotes moderator saat berdebat dengan calon presiden dari Partai Demokrat, Kamala Harris, pada Selasa (10/9).

CNN mengatakan Trump marah kepada ABC News karena moderator debat mereka bertentangan dengan pernyataannya selama siaran langsung.

“[ABC News] “Organisasi berita yang paling tidak jujur, dan itu sangat jelas,” kata Trump, Rabu (11/9).


“CNN lebih dihormati,” katanya merujuk pada debatnya dengan Presiden petahana Joe Biden pada Juni lalu.

Trump mengatakan dia seperti berhadapan dengan tiga orang dalam debat di ABC News. Ia juga menyarankan agar izin penyiaran ABC News dicabut karena perilaku moderatornya.

“Mereka adalah organisasi berita. Mereka punya izin menjalankan perusahaan. Izin itu harus dicabut karena perilaku mereka,” kata Trump.

Donald Trump dan Kamala Harris saling berhadapan untuk pertama kalinya dalam debat calon presiden pada Selasa (10/9).

Debat tersebut diadakan di Philadelphia dan dipandu oleh ABC News.

Dalam debat malam itu, moderator ABC News David Muir dan Linsey Davis menantang Trump setiap kali pernyataannya bertentangan dengan fakta.

Ini merupakan langkah berani yang berbeda dengan perdebatan sebelumnya, termasuk saat CNN menggelar debat pada Juni lalu antara Donald Trump dan Joe Biden.

Saat itu, dua moderator CNN, Jake Tapper dan Dana Bash, tidak membantah klaim Trump dan Biden meski mereka tahu perkataan mereka tidak benar. CNN melakukan pengecekan fakta secara online yang dimuat di situsnya.

Dalam debat di ABC News, moderator langsung mengomentari beberapa klaim palsu Trump, termasuk soal Partai Demokrat yang menganjurkan aborsi pada bulan kesembilan kehamilan atau setelah ibu melahirkan.

Moderator Linsey Davis dengan cepat mengoreksi bahwa “tidak ada negara bagian di negara ini (Amerika) yang melegalkan pembunuhan bayi setelah lahir.”

Lalu tentang imigran di Springfield, Ohio, yang memakan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Moderator David Muir segera membantah Trump, dengan mengatakan tidak ada laporan yang dapat dipercaya mengenai tuduhan tersebut.

“Saya hanya ingin mengklarifikasi di sini. Anda menyebutkan Springfield, Ohio. ABC News telah menghubungi pemerintah di sana. Mereka memberi tahu kami bahwa tidak ada laporan yang dapat dipercaya mengenai klaim spesifik tentang hewan peliharaan yang dirugikan, dirugikan, atau dianiaya oleh individu dalam komunitas imigran,” katanya. dikatakan. .

(blq/dna)