Berita Trump Mengutip Putin Sebut Sistem Demokrasi AS Mulai Busuk

by


Jakarta, Pahami.id

Mantan Presiden Donald Trump mengutip pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengkritik demokrasi Amerika Serikat berada dalam bahaya.

“Bahkan Vladimir Putin pernahkah ada yang mendengar tentang Vladimir Putin dari Rusia?” kata Trump saat berpidato di depan para pendukungnya di Durham, Sabtu (16/12).


[Trump kemudian berujar, “[Putin] kata Biden, dan ini adalah kutipannya, ‘Penganiayaan yang bermotif politik terhadap saingan politiknya adalah hal yang baik bagi Rusia karena hal itu menyingkapkan kebusukan sistem politik Amerika, yang tidak bisa berpura-pura mengajari orang lain tentang demokrasi.'”

Trump merupakan calon presiden pada Pemilu AS 2024 dari Partai Republik. Namun menjelang pemilu presiden, ia menghadapi sejumlah dakwaan seperti mencoba mengganggu pemilu AS 2020, pemerasan, dan menyimpan dokumen rahasia.

Sementara itu, Presiden petahana Joe Biden mengatakan dia akan mencalonkan diri lagi jika Trump mencalonkan diri sebagai presiden untuk menghindari kehancuran demokrasi.

[Gambas:Video CNN]

“Jadi, Anda tahu, kita sudah membicarakan demokrasi, tapi seluruh dunia menyaksikan penganiayaan terhadap lawan politik yang menyerangnya. Ini luar biasa. Dan mereka semua menertawakan kita,” kata Trump.

Komentar Putin mengenai demokrasi AS muncul ketika ia menghadiri sesi pleno Forum Ekonomi Timur pada September lalu. Ia menyebut tuduhan Trump mengenai hubungan dengan Moskow hanyalah omong kosong belaka.

Putin mengatakan, penuntutan terhadap Trump menunjukkan betapa busuknya sistem politik di Amerika.

“Apa yang terjadi pada Trump hanyalah penganiayaan politik terhadap lawan politiknya,” kata Putin saat itu, dikutip Sputnik.

Rusia disebut-sebut ikut campur demi meraih kemenangan Trump pada pemilu AS 2016.

Namun, Rusia dan Trump sama-sama membantah tuduhan tersebut.

AS akan kembali menggelar pemilihan presiden pada November 2024. Sejauh ini, nama-nama yang muncul dalam kontestasi tersebut adalah Trump, Ron DeSantis, dan Nikki Haley.

(isa/bac)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);