Berita Trump Dukung Pakai Ganja Buat Rekreasi Tak Perlu Dihukum

by


Jakarta, Pahami.id

Mantan Presiden AS Donald Trump akan memberikan suara dalam pemungutan suara di Florida, AS yang akan melegalkan penggunaan tersebut ganja rekreasi untuk orang dewasa.

Hal ini akan membuatnya berselisih dengan Gubernur Florida Ron DeSantis dan para pemimpin Partai Republik lainnya di negara bagian tersebut.

“Seperti yang telah saya nyatakan sebelumnya, saya percaya ini adalah waktu untuk mengakhiri penangkapan dan penahanan yang tidak perlu terhadap orang dewasa karena ganja dalam jumlah kecil untuk penggunaan pribadi. Kita juga harus menerapkan peraturan yang cerdas, sambil memberikan akses kepada orang dewasa yang aman dan teruji. Sebagai warga negara Florida , saya akan memilih YA pada Amandemen 3 November ini,” tulis Trump di akun Truth Social miliknya, seperti dikutip CNN, Senin (9/9).


Dia menekankan bahwa partainya akan fokus pada penelitian untuk membuka penggunaan ganja medis sebagai obat, dan bekerja sama dengan Kongres untuk meloloskan undang-undang yang sesuai.

“Termasuk perbankan yang aman bagi perusahaan-perusahaan resmi pemerintah, dan mendukung hak negara untuk mengesahkan undang-undang ganja, seperti di Florida, yang sangat menguntungkan warga negaranya,” katanya.

Keputusan tersebut sejalan dengan reformasi peradilan pidana yang ia tandatangani menjadi undang-undang sebagai presiden.

Trump sering kali mengambil posisi yang populer di kalangan rakyat Amerika, bahkan ketika anggota partainya sendiri menentangnya.

Faktanya, sikap Trump terhadap penggunaan ganja mencerminkan sikap Wakil Presiden Kamala Harris, yang mendukung upaya pemerintahan Biden untuk mengampuni orang-orang yang dihukum karena memiliki ganja dalam jumlah kecil dan upaya untuk mengklasifikasikan kembali obat tersebut dalam undang-undang federal ke tingkat yang lebih rendah.

Trump sebelumnya mengatakan dalam sebuah postingan bahwa menurutnya inisiatif pemungutan suara di Florida akan lolos “suka atau tidak,” dan dia tidak berpikir orang dewasa di Florida harus ditangkap karena memiliki “sejumlah pribadi” ganja. Dia juga meminta legislatif Florida untuk memberlakukan undang-undang yang melarang penggunaan ganja untuk rekreasi di depan umum.

Inisiatif pemungutan suara memerlukan 60 persen suara agar dapat disahkan.

“(Peraturan) mengizinkan orang dewasa berusia 21 tahun ke atas untuk memiliki, membeli atau menggunakan produk ganja dan aksesori ganja untuk penggunaan pribadi non-medis dengan cara merokok, konsumsi, atau cara lain,” bunyi teks peraturan tersebut.

Peraturan tersebut juga mengizinkan Pusat Perawatan Ganja Medis, dan entitas lain yang memiliki izin negara, untuk memperoleh, menumbuhkan, memproses, memproduksi, menjual, dan mendistribusikan produk dan aksesori tersebut.

(sfr)