Berita Total Korban Banjir Pesisir Selatan 25 Orang, 4 Masih Pencarian

by


Jakarta, Pahami.id

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah kematian yang disebabkan oleh banjir dan tanah longsor yang melanda Pantai Selatan, Sumatera Barat, menjadi 25 orang.

Kepala Pusat Informasi, Data dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, korban ke-25 yang ditemukan adalah AZ, seorang gadis berusia lima tahun, warga Nagari Gantiang Mudiak Utara, Kecamatan Sutera.

Sementara empat orang lainnya masih hilang dan sedang dicari.


Dikatakannya, berdasarkan informasi BPBD Pantai Selatan, operasi pencarian dan pertolongan telah mencapai hari terakhir sehingga memperpanjang masa operasi selama tiga hari.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Mengenai pencarian empat orang yang masih dilaporkan hilang, akan kami diskusikan dengan keluarga korban dan pimpinan daerah, kata Abdul dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/3).

Dikatakannya, dengan bertambahnya korban yang ditemukan di Pantai Selatan pada hari ini, maka total korban banjir dan longsor di wilayah Sumbar mencapai 28 orang meninggal dunia.

Jumlah tersebut terdiri dari 25 warga Kabupaten Pesisir Selatan dan tiga warga Kabupaten Padang Pariaman serta empat orang korban hilang.

Sementara itu, Abdul mengatakan Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansyah telah datang ke Sumbar untuk memimpin Rapat Koordinasi Pendataan Rumah Rusak Terdampak Banjir Longsor Sumbar pada Sabtu.

Berdasarkan hasil asesmen cepat BPBD Provinsi Sumbar tercatat 1.051 rumah rusak berat, 725 rumah rusak sedang, dan 1.661 rumah rusak ringan.

Selain rumah warga, banjir dan longsor juga berdampak pada 54 rumah ibadah, 41 jembatan rusak, 13 saluran irigasi rusak, 29 fasilitas pendidikan terdampak, dan 64 jalan terdampak.

“1,09 juta hektare lahan terdampak, 81 fasilitas umum dan perkantoran terdampak, 4 fasilitas kesehatan terdampak, dan 2.221 peternakan terdampak,” kata Abdul.

(yo/dmi)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);