Berita TNI AL Susuri Jalur ke Ambon, Cari Kapal BAKTI yang Hilang

by


Jakarta, Pahami.id

TNI Angkatan Laut mengerahkan KRI Teluk Lada-521 mengikuti jalur pelayaran menuju Ambon untuk mencari kapal Badan Akses Telekomunikasi dan Informasi (SETIA) Info Kominfo yang hilang kontak dalam perjalanan dari Timika menuju Yahukimo.

KRI TLD-521 fokus menyapu alur pelayaran menuju Ambon searah perkiraan arus laut, untuk mencari benda atau jejak yang berkaitan dengan LCT Cita XX, kata Laksamana Pertama IM Wira Hady dalam kesaksiannya, Kamis (25). . / 7).


Selain KRI Teluk Lada-521, kata Wira, dalam proses pencarian ini TNI AL juga mengerahkan Patkamla Yapero III-11-17.

Patkamla Yapero III-11-17 dipindahkan ke wilayah SAR di perairan pantai antara Timika-Agats dengan berkoordinasi erat dengan tim SAR Gabungan di bawah Basarnas sebagai terkemuka sektor,” katanya.

Lebih lanjut Wira mengatakan, proses pencarian kapal yang membawa material Base Transmitter Station (BTS) memakan waktu lama karena kondisi cuaca buruk.

Lamanya proses SAR karena kondisi cuaca buruk seperti hujan dan kabut sehingga jarak pandang di area tersebut terbatas, kata Wira.

Faktanya, Rabu (24/7) kemarin pencarian udara dihentikan. Namun, unsur TNI Angkatan Laut seperti KRI TLD-521 tetap melakukan pencarian, tambahnya.

Kapal LCT Cita XX tipe LCT GT 145 dilaporkan hilang kontak sejak Rabu (17/7). Kapal terakhir berkomunikasi dengan kapal Prima Jaya yang melintas serentak pada hari sebelumnya, 16 Juli 2024.

Dari informasi yang diberikan awak Kapal Prima Jaya, Kapal Cita XX tidak bergerak dan mengambil posisi di tepian.

Kapal tersebut membawa 12 orang dan membawa BTS, tower, power dan material VSAT untuk penyediaan sinyal 4G BAKTI Kominfo di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Gunung Papua.

Kapal Cita XX berangkat dari Timika pada Senin (15/7) pukul 05.43 WITA dan dijadwalkan tiba di Yahukimo pada Kamis (18/7).

Berikut daftar 12 penumpang kapal berdasarkan data Basarnas:

1. Junaidi (kapten, laki-laki)
2. Dedi Irawan (sarjana, laki-laki)
3. M Arif Efenfi (Kemenkes, laki-laki)
4. Haikal (tukang minyak, kawan)
5. Rusli (sopir laki-laki)
6. Agiera (koki, pria)
7. Nimrot G Tua (pria)
8. Lukman Hakim (laki-laki)
9. Samsudin (laki-laki)
10. Asmoro
11. Suherman (laki-laki)
12. Alhakim (laki-laki)

(des/pm)