Berita Timwas DPR Sebut Makanan Jemaah Haji Tak Ramah Lansia

by


Jakarta, Pahami.id

Anggota DPR Haji Timwas yang juga anggota Komisi VIII Fraksi PDIP, Ina Amania, menyinggung soal makanan peziarah tidak ramah orang tua.

Dari temuannya di lapangan, Ina menilai pola makan lansia terlalu banyak mengandung gula dan karbohidrat.

“Jangan sampai ada slogan-slogan yang ramah pada lansia, tapi makanan yang ditonjolkan malah memperburuk keadaan lansia. Misalnya banyak karbohidrat, banyak minuman manis, jarang buah-buahan, mungkin ada makanan penggantinya,” jelas Ina. , seperti dilansir detikcom.


Menurutnya, jamaah haji Indonesia harus menunggu lama untuk mendapat kesempatan menunaikan ibadah haji. Usia mereka sudah cukup lanjut sehingga makanan perlu diperhatikan.

Ina menambahkan, menu 4 sehat 5 sempurna tidak boleh disamaratakan karena kebutuhan lansia berbeda-beda.

“Katering makanan perlu dikaji ulang dalam tender pengadaan pangan, karena banyak lansia yang makanannya tidak sama dengan orang lain,” imbuhnya.

Tak hanya soal pangan, Ina menyoroti permasalahan lain dalam pengadaan haji tahun ini. Tim ini mengalami kendala dalam penyelenggaraan ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina.

Banyak tenda jamaah haji yang tidak mengikuti sekolahnya. Permasalahan ini, kata dia, seharusnya sudah diantisipasi oleh Kementerian Agama.

“Hal seperti ini tidak boleh terjadi, pertama-tama diharapkan, dijaga dan mereka utamakan siapa yang mendapat haknya. Jadi pemerintah harus membenahi sistemnya sekarang,” kata Ina.

(lainnya/bmw)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);