Berita Tiga Paslon Pilgub Jatim 2024 Sehat dan Bebas Narkoba

by


Surabaya, Pahami.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur mengumumkan tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur yang bersaing Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024telah lulus tes kesehatan fisik dan mental.

Kesimpulan dari inspektur tim kesehatan yang dibentuk RSUD Dr. Soetomo menyimpulkan, ketiga pasangan calon yang menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani dinilai mampu,” kata Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi di RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, Senin (2/9).

Tiga pasangan calon yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (Khofifah-Emil), Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans) dan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim (Luluk-Lukman) juga dinyatakan tidak ada tanda-tanda akan lolos. penyalahgunaan narkoba.


Aang mengatakan, ketiga kandidat tersebut telah menjalani serangkaian tes kesehatan sejak Kamis (29/8) hingga Minggu (1/9). Tes tersebut dilakukan oleh tim kesehatan yang terdiri dari 120 dokter di RSUP Dr Soetomo Surabaya.

“Yang pertama diperiksa pada tanggal 29 adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur atas nama Puan Khofifah-Emil. Kemudian pada tanggal 31, pasangan calon yang mendaftar pada hari terakhir pukul 19.00 WIB yakni Puan. Risma dan Gus Hans,” jelasnya.

Sedangkan pasangan calon terakhir yang mendaftar pada pukul 22.00 WIB yaitu Puan Luluk dan Lukman kemudian dilakukan pemeriksaan psikotes pada tanggal 31. Kemudian keesokan harinya dilakukan pemeriksaan fisik, katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Jawa Timur, Bidang Sosialisasi, Edukasi Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas), Nur Salam mengatakan, hasil tes kesehatan ini akan diumumkan secara resmi kepada para calon pada 5-6 September 2024.

Nanti akan kami umumkan secara bertahap sesuai tanggal 5-6 sebenarnya terkait administrasi hasil tes kesehatan, tutupnya.

Seperti diketahui, Pilgub Jatim 2024 didampingi tiga pasangan calon (paslon). Yang pertama adalah duet petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (Khofifah-Emil).

Mereka didukung oleh koalisi besar yang terdiri dari 15 partai. Yakni PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda, dan Partai Prima (tidak lolos konfirmasi).

Kedua, pasangan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans) didukung PDIP dan Hanura. Lalu ketiga, pasangan yang diusung PKB Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim (Luluk-Lukman).

(Jumat/Senin)