Berita Tetangga RI Mau Borong 8 Jet Tempur Siluman dari AS

by


Jakarta, Pahami.id

Negara tetangga Indonesia Singapura berencana membeli 8 jenis jet tempur siluman dari Amerika Serikat (AMERIKA SERIKAT).

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen memaparkan artikel tersebut dalam pembahasan anggaran Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF) di parlemen pada Rabu (28/2).


Ia berencana memperkuat pertahanan udara Singapura dengan membeli delapan jet tempur siluman F-35A dari AS.

Tipe ini merupakan edisi terbaru yang mengadopsi teknologi pesawat tempur canggih dan diproduksi oleh Lockheed Martin, perusahaan pesawat tempur di Amerika.

Menurutnya, saat ini adalah waktu yang tepat untuk membeli jet tempur tersebut dan melihat “jendela peluang” harga yang semakin kompetitif.

Belakangan ini, ia kerap memperhatikan beberapa konflik yang sedang berlangsung seperti perang Rusia-Ukraina dan Israel-Hamas.

Ia juga menyebutkan perang dagang antara AS dan Tiongkok berpotensi meluas ke banyak wilayah dan mengancam keamanan nasional.

“Saya dapat meyakinkan DPR bahwa kejutan dan akibat yang tidak diinginkan akan terjadi, ada yang terkait, ada yang tiba-tiba. Ketika suhu geopolitik meningkat, akan muncul percikan dari berbagai sumber,” kata Dr Ng, dikutip dari Saluran Berita Asia.

Jadi, saya mengubah penilaian saya terhadap generasi sekarang di Singapura dan di tempat lain. Risiko konflik regional bahkan global pada dekade mendatang sudah tidak nol lagi (aman). Saya tidak menganggap enteng penilaian ini, tambahnya.

Ia pun meyakini melalui pembelian ini, Singapura berharap dapat bersiap menghadapi ketegangan geopolitik yang terjadi saat ini.

Sebelumnya, Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) telah membeli 12 jet tempur F-35. Pesawat tersebut rencananya akan dikirim pada tahun 2026 hingga 2028.

Singapura juga menjadi salah satu dari empat negara Indo-Pasifik yang sering membeli jet tempur F-35, bersama Australia, Jepang, dan Korea Selatan.

(val/bac)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);