Berita Terowongan Ilegal Yahudi Hasidic di New York Rusak Bangunan Sekitar

by


Jakarta, Pahami.id

Terowongan ilegal ditemukan di bawah sinagoga bersejarah di Brooklyn, New Yorkdikatakan membahayakan stabilitas beberapa bangunan di dekatnya.

Inspektur badan keamanan gedung Kota New York menemukan terowongan sepanjang 18,3 meter dan lebar 2,4 meter di bawah kantor pusat global Chabad-Lubavitch di Crown Heights.

Terowongan tersebut konon menghubungkan empat bangunan milik sekte Yahudi Hasid, melalui lubang yang dipotong dari dinding basement.


Andrew Rudansky, juru bicara badan keamanan bangunan Kota New York, mengatakan pekerjaan penggalian dilakukan tanpa persetujuan. Dia mengatakan terowongan itu kosong kecuali tanah, peralatan, dan puing-puing.

Dilaporkan Pers TerkaitPenemuan terowongan tersebut terjadi setelah penyelidikan selama dua hari terhadap stabilitas bangunan keagamaan Yahudi Hasid.

Rabbi Motti Seligson, juru bicara Chabad, mengatakan jalan bawah tanah itu dibangun oleh sekelompok “aktivis muda” yang mencari akses ilegal ke sinagoga.

Saat petugas Chabad-Lubavitch mencoba menutup lubang terowongan pada Senin (8/1), jamaah yang berada di dalam terowongan menolak keluar hingga harus diseret keluar oleh polisi.

Polisi mengatakan sembilan orang telah ditangkap, termasuk beberapa orang yang menggunakan linggis untuk merobek panel kayu sinagoga.

Inspektur Kota New York mengatakan terowongan tersebut telah merusak stabilitas dua bangunan satu lantai di belakang sinagoga.

Selain itu, gedung bata dua lantai yang berdekatan berisi perkantoran dan ruang kuliah yang digunakan Chabad juga dikosongkan akibat pembongkaran tembok di basement.

Awal pekan ini, masyarakat di New York dikejutkan dengan ditemukannya terowongan bawah tanah yang diduga dibangun oleh orang sesat.

Para pejabat dan penduduk setempat mengatakan para pemuda dari gerakan Chabad-Lubavitch baru-baru ini membangun jalan menuju tempat penampungan secara rahasia.

Terowongan tersebut diyakini dimulai di ruang bawah tanah sebuah gedung apartemen kosong di belakang kantor pusat di Crown Heights. Terowongan tersebut kemudian berkelok-kelok di bawah serangkaian kantor dan ruang kuliah sebelum akhirnya terhubung ke sinagoga.

(Dna)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);