Berita Tebing Jalan Tol di Bintaro Longsor Usai Hujan Deras

by


Jakarta, Pahami.id

Tepian tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dekat Jalan Mulia Bhakti, Desa Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan ambruk akibat hujan deras pada Sabtu (6/7) sore. Jasa Marga telah menangani kejadian tersebut dan meminta pengguna jalan menghindari lokasi untuk menghindari kemacetan.

Kepala Divisi Komunikasi & Hubungan Pelanggan Tol Jasa Marga Metropolitan Dodo Adroni dalam keterangan resminya menjelaskan, Jasa Marga Toll Maintenance (JMTM) dan Jasa Marga Toll Operator (JMTO) telah tiba di lokasi dan sedang melakukan operasional.


Tim JMTO melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup sementara satu lajur dan bahu luar tol untuk mengurangi beban di lereng rawan longsor tersebut.

Sementara itu, tim JMTM sedang membersihkan puing-puing longsor di Jalan Mulia Bhakti agar bisa dimanfaatkan warga.

“Jasa Marga mohon maaf atas kesulitan yang dialami akibat kejadian ini. Pengguna jalan diimbau mengantisipasi arah perjalanan dan tidak melewati lokasi kejadian untuk menghindari kemacetan,” kata Kepala Komunikasi & Pelanggan Tol Metropolitan Jasa Marga. Divisi Hubungan, Dodo Adroni dalam keterangannya, melaporkan detik.com.

Menurut Dodo, longsor tersebut diduga disebabkan oleh curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan air dari saluran-saluran di pinggir jalan merembes ke dalam tanah sehingga menyebabkan tanah tersebut longsor.

Sebagai tindakan pencegahan, atap untuk sementara dipasang pada dinding penahan tebing sementara dilakukan perbaikan permanen.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pun turut terlibat dalam penanganan longsor yang dilaporkan terjadi sekitar pukul 13.25 WIB ini.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan RT/RW setempat dan Suku Dinas Jasa Marga untuk menangani kejadian longsor tersebut.

Lokasi longsor telah diperiksa oleh anggota BPBD, kemudian pekerjaan tanah penutup jalan dilakukan oleh Jasa Marga, kata Isnawa dikutip dari di antara.

Dinding beton berukuran sekitar 2 meter x 50 sentimeter x 50 sentimeter ambruk akibat longsor di Jalan Mulya Bakti. Tiang listrik di sekitar lokasi longsor pun miring.

Kapolsek Bed and Breakfast Kompol Tedjo Asmoro menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Longsor, tanah merah, biasa saja, tidak terlalu kuat, tapi tidak ada korban jiwa. Biasa saja, plesteran seperti itu, tanah merah, kena tanah dan air tol, longsor kecil,” kata Tedjo.

(biaya)